ARDI KUSNADI

Sabtu, 19 Juni 2021

PEDAGOGIK MTK BAGIAN 2



Berikut ini adalah beberapa soal pedagogik MTK Bagian 2, Selamat mengerjakan ...
1. Kelas XII, KD: 3.1 Mendeskripsikan jarak dalam ruang (antar titik, titik ke garis, dan titik ke bidang). Rumusan tujuan yang sesuai dengan KD di atas serta karakteristik pembelajaran Kurikulum 2013 adalah ....
a. Siswa dapat mendiskripsikan jarak dalam ruang (antar titik, titik ke garis, dan titik ke bidang)
b. Dengan bantuan alat peraga bangun ruang siswa memahami konsep jarak dalam ruang
c. Siswa dapat menentukan jarak titik ke bidang
d. Setelah mengikuti pembelajaran project based learning berbantuan media animasi, melalui kerja kelompok siswa dapat menentukan jarak titik ke garis dengan benar
e. Melalui kegiatan kelompok dalam pembelajaran project based learning, siswa dapat menjelaskan jarak dalam ruang
1. E. Melalui kegiatan kelompok dalam pembelajaran project based learning, siswa dapat menjelaskan jarak dalam ruang

2. Satu indikator dari suatu kompetensi dasar pada pembelajaran geometri adalah menghitung perbandingan luas dua daerah dalam segitiga yang dipotong oleh suatu garis tertentu. Materi yang paling sesuai untuk mencapai indikator tersebut adalah ....
a. Luas daerah segitiga
b. Segitiga siku-siku
c. Tinggi segitiga siku-siku
d. Luas daerah segitiga siku-siku
e. Luas daerah segitiga sama sisi
2. A. Luas daerah segitiga

3. Satu indikator dari suatu kompetensi dasar pada pembelajaran geometri adalah menghitung ukuran panjang sisi dalam segitiga istimewa jika sisi atau sudut tertentu diketahui. Jika alat seperti penggaris, busur derajat, dan alat tulis lainnya sudah tersedia, media pembelajaran yang paling sesuai digunakan untuk mencapai indikator tersebut adalah ....
a. Media berupa gambar-gambar segitiga istimewa yang besar sudut-sudutnya dituliskan
b. Media berupa guntingan-guntingan kertas berbentuk segitiga istimewa
c. Media berupa chart yang berisikan gambar segitiga-segitiga istimewa
d. Papan berpaku dengan karet-karet gelang untuk membuat pola-pola segitiga istimewa.
e. Tayangan elektronik yang berisikan gambar-gambar segitiga istimewa dengan sifat-sifatnya
3. E. Tayangan elektronik yang berisikan gambar-gambar segitiga istimewa dengan sifat-sifatnya

4. Satu indikator dari suatu kompetensi dasar pada pembelajaran geometri adalah menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan luas segitiga. Jenis soal yang paling sesuai dibuat untuk mengukur indikator di atas adalah ....
a. Pada segitiga ABC diketahui perbandingan besar ukuran sudut A : B : C = 1 : 2 : 3. Tentukan ukuran sudut A.
b. Pada segitiga ABC diketahui panjang sisi a = 2 dan A = 2 B. Tentukan ukuran sudut C.
c. Pada segitiga ABC diketahui perbandingan ukuran sudut A : B = 1 : 2. Tentukan ukuran sudut C jika C = A + B.
d. Pada sebuah plat berbentuk segitiga diketahui ukuran satu sudutnya sama dengan dua kali ukuran satu sudut lain. Jika sudut pertama besarnya 60 derajat, tentukan ukuran sudut ketiga.
e. Pada segitiga ABC diketahui ukuran sudut A dan B = 2 A = 4 C. Tentukan ukuran sudut C.
4. D. Pada sebuah plat berbentuk segitiga diketahui ukuran satu sudutnya sama dengan dua kali ukuran satu sudut lain. Jika sudut pertama besarnya 60 derajat, tentukan ukuran sudut ketiga.

5. Rumusan tujuan pembelajaran yang paling sesuai dengan kompetensi dasar “Menjelaskan sudut pusat, sudut keliling, panjang busur, dan luas juring lingkaran, serta hubungannya” adalah ....
a. Siswa dapat menentukan ukuran sudut keliling bila diketahui ukuran sudut pusat yang menghadap busur yang sama pada suatu lingkaran
b. Siswa dapat menunjukkan hubungan ukuran sudut pusat dan sudut keliling yang menghadap busur yang sama pada suatu lingkaran
c. Siswa dapat mengidentifikasi sudut pusat dan sudut keliling pada suatu lingkaran
d. Siswa dapat mendefinisikan sudut pusat dan sudut keliling pada suatu lingkaran
e. Siswa dapat menentukan ukuran sudut pusat bila diketahui ukuran sudut keliling yang sama pada suatu lingkaran
5. B. Siswa dapat menunjukkan hubungan ukuran sudut pusat dan sudut keliling yang menghadap busur yang sama pada suatu lingkaran

6. Urutan 4 materi pelajaran yang sesuai hirarki konsep pada materi Bentuk Aljabar adalah sebagai berikut: X, Y, Penyederhanaan Bentuk Aljabar, Menyelesaikan Permasalahan Bentuk Aljabar. Materi yang paling tepat menggantikan urutan X, Y adalah ....
a. Operasi Bentuk Aljabar, Unsur-Unsur Bentuk Aljabar.
b. Unsur-Unsur Bentuk Aljabar, Operasi Bentuk Aljabar.
c. Unsur-unsur Bentuk Aljabar, Penyederhanaan Bentuk Aljabar.
d. Penyederhanaan Bentuk Aljabar, Operasi Bentuk Aljabar.
e. Pengertian Bentuk Aljabar, Operasi Bentuk Aljabar.
6. E. Pengertian Bentuk Aljabar, Operasi Bentuk Aljabar

7. Kumpulan materi yang akan diajarkan dengan pendekatan Pembelajaran Berbasis Inkuiri untuk topik Fungsi Eksponensial meliputi antara lain :
    1 : konteks investigasi pola hubungan eksponensial,
    2 : definisi fungsi eksponensial,
    3 : contoh dan non contoh fungsi eksponensial, dan
    4 : sifat-sifat fungsi eksponensial.
Salah satu materi yang paling tepat melengkapi pembelajaran topik ini adalah ....
a. Ekuivalensi dua persamaan eksponensial satu variabel
b. Ekuivalensi dua pertidaksamaan eksponensial satu variabel
c. Pemodelan hubungan eksponensial
d. Persamaan eksponensial satu variabel
e. Pertidaksamaan eksponensial satu variabel
7. C. Pemodelan hubungan eksponensial

8. Kelas IX, 3.8 Menaksir dan menghitung luas permukaan bangun datar dan bangun ruang yang tidak beraturan dengan menerapkan kombinasi geometri dasarnya. Untuk memberikan semangat dan mengantisipasi keengganan siswa mengikuti pembelajaran Matematika pada jam setelah istirahat siang, guru bermaksud mengadakan permainan sebagai ice breaking sehingga pembelajaran menjadi menyenangkan dan bermakna. Agar harapan guru tersebut terpenuhi, maka media dan waktu pelaksanaan yang digunakan adalah ....
a. Teka-teki silang di awal pembelajaran
b. Kartu permainan selama proses pembelajaran
c. Puzzle Tangram di awal pembelajaran
d. Alat peraga luas bangun datar, selama proses pembelajaran
e. Media animasi bangun-bangun datar di akhir pembelajaran
8. C. Puzzle Tangram di awal pembelajaran

9. Pada akhir pembelajaran Ukuran Tendensi Sentral, seorang siswa mengajukan pertanyaan: “Mengapa kita bisa mengurutkan sekumpulan data baik naik maupun turun untuk menentukan median?” Terhadap pertanyaan itu, tindakan guru yang paling tepat adalah ....
a. Meminta siswa tertentu yang sudah dia kenal dengan baik untuk menjawab pertanyaan itu
b. Meminta semua siswa menjawab pertanyaan itu secara berpasangan dengan strategi TPS (Think-Pair-Share)
c. Langsung menjawabnya karena dia merasa pertanyaan tersebut tidak sulit sama sekali
d. Meminta setiap siswa memikirkan pertanyaan itu secara individual dan menyampaikan jawabannya ketika dia tunjuk
e. Meminta siswa tertentu yang dia pilih secara acak untuk menjawabn pertanyaan itu
9. B. Meminta semua siswa menjawab pertanyaan itu secara berpasangan dengan strategi TPS (Think-Pair-Share)

10. Pada pembelajaran Median, beberapa siswa mengalami kesulitan dalam menentukan median dari suatu tabel frekuensi. Mereka bingung di mana letak median. Untuk membantu mereka mengatasi kesulitan itu, tindakan guru yang paling tepat adalah ....
a. Mengajarkan kembali langkah-langkah untuk menentukan median sekumpulan data (genap atau ganjil)
b. Meminta mereka mengingat kembali langkah-langkah untuk menentukan median sekumpulan data (genap atau ganjil)
c. Meminta mereka mempelajari kembali cara menentukan median sekumpulan data dari buku teks
d. Menayangkan power point yang memuat langkah-langkah untuk menentukan median sekumpulan data (genap atau ganjil)
e. Mendemonstrasikan beberapa contoh penentuan median dari suatu tabel frekuensi
10. B. Meminta mereka mengingat kembali langkah-langkah untuk menentukan median sekumpulan data (genap atau ganjil)

11. Dalam pembelajaran tentang aturan pencacahan, guru meminta siswa untuk menentukan banyak cara menyusun 3 kaos dan 2 kemeja dalam satu tumpukan. Ada beberapa siswa yang menjawab dengan hasil yang berbeda, seperti 5 (2 + 3), 6 (2 x 3), dan 120 (5!). Tindakan guru terhadap jawaban-jawaban siswa yang paling sesuai adalah ....
a. Guru memberikan soal serupa dengan soal yang diberikan sebelumnya
b. Memberitahukan secara langsung jawaban yang benar adalah 120
c. Meminta siswa dengan jawaban benar untuk membantu siswa dengan jawaban salah
d. Meminta siswa untuk menjelaskan alasan-alasan terhadap jawaban yang diberikan
e. Mengajari kembali siswa yang menjawab 5, karena jawabannya salah
11. D. Meminta siswa untuk menjelaskan alasan-alasan terhadap jawaban yang diberikan

12. Pada pembelajaran pola bilangan, mayoritas siswa memerlukan tambahan penjelasan karena ada beberapa konsep terkait yang belum dipahami dengan baik. Dalam rangka menuntun siswa memahami konsep yang dibelajarkan, langkah yang sebaiknya dilakukan guru adalah ....
a. Mengulang kembali secara penuh penyampaian konsep-konsep yang terdahulu yang mendasari konsep yang dibelajarkan
b. Memberikan soal-soal yang mengarah pada klarifikasi konsep-konsep sebelumnya yang mendasari konsep yang dibelajarkan
c. Memberikan contoh-contoh yang lebih banyak untuk memperjelas konsep yang sedang dibelajarkan.
d. Menunjukkan buku-buku yang sebaiknya dibaca siswa untuk bisa memahami konsep yang dibelajarkan.
e. Memberikan latihan-latihan soal yang lebih banyak kepada siswa terkait konsep yang dibelajarkan.
12. B. Memberikan soal-soal yang mengarah pada klarifikasi konsep-konsep sebelumnya yang mendasari konsep yang dibelajarkan

13. Aspek-aspek berikut ini, merupakan aspek menelaah tes hasil belajar ditinjau dari validitas konten (isi) sebagai salah satu syarat pengembangan tes bentuk pilihan ganda, kecuali ....
a. butir harus sesuai dengan indikator yang ditetapkan
b. hanya ada satu jawaban yang benar
c. pengecoh harus homogen
d. pokok soal harus dirumuskan secara jelas.
e. pengecoh harus berfungsi
13. D. pokok soal harus dirumuskan secara jelas

14. Di antara soal-soal berikut yang TIDAK baik diberikan kepada siswa adalah ....
a. Kapal A berada pada 100 km di sebelah barat kapal B. Kapal A menuju kapal B dengan kecepatan 90 km/jam, dan 1 jam kemudian kapal B menuju ke arah utara dengan kecepatan 60 km/jam. Tentukan waktu tempuh kapal A agar berjarak 50 km dari kapal B.
b. Kapal A berada pada 200 km di sebelah barat kapal B. Kapal A menuju kapal B dengan kecepatan 90 km/jam, dan 1 jam kemudian kapal B menuju ke arah utara dengan kecepatan 60 km/jam. Tentukan jarak kapal A dari kapal B setelah 4 jam.
c. Suatu kapal A berada pada 50 km di sebelah barat kapal B. Kapal A menuju kapal B dengan kecepatan 60 km/jam, dan 30 menit kemudian kapal B pergi ke arah utara dengan kecepatan 90 km/jam. Tentukan jarak kapal A dari kapal B setelah 2 jam.
d. Suatu kapal patroli A berada pada 20 km di sebelah barat kapal patroli B. Kapal A menuju kapal B dengan kecepatan 60 km/jam, dan pada saat yang sama kapal B pergi ke arah utara dengan kecepatan 90 km/jam. Tentukan jarak kapal A dari kapal B setelah 2 jam.
e. Suatu kapal perompak A berada pada 10 km di sebelah barat kapal sasaran B yang akan dirompak. Kapal B pergi ke arah utara dengan kecepatan 60 km/jam dan pada saat yang sama kapal A mengejar kapal B dengan kecepatan 90 km/jam. Tentukan waktu tempuh kapal A menangkap kapal B.
14. E. Suatu kapal perompak A berada pada 10 km di sebelah barat kapal sasaran B yang akan dirompak. Kapal B pergi ke arah utara dengan kecepatan 60 km/jam dan pada saat yang sama kapal A mengejar kapal B dengan kecepatan 90 km/jam. Tentukan waktu tempuh kapal A menangkap kapal B

15. Perhatikan soal berikut!
Diketahui persamaan linier y = 5 – 3x. Persamaan garis yang tegak lurus dengan garis tersebut adalah ...
Distraktor yang paling tidak tepat adalah pilihan jawaban ...
a. y = 3x – 5
b. y – 3x – 5 = 0
c. 3x + y – 5 = 0
d. 3x – y – 5 = 0
e. 3x – y² – 5 = 0
15. E. 3x – y² – 5 = 0

16. Soal yang paling TIDAK baik untuk mengukur kemampuan menyelesaikan persamaan trigonometri ....
a. tentukan himpunan selesaian persamaan 2 cos² x + cos x - 1 = 0 untuk 0° ≤ x ≤ 360°
b. tentukan himpunan selesaian persamaan sin 2x + sin x = 0 untuk 0° ≤ x ≤ 360°
c. tentukan himpunan selesaian persamaan tan² x + 3 tan x - 4 = 0 untuk 0° ≤ x ≤ 360°
d. tentukan himpunan selesaian persamaan cos² x + sin² x − 1 = 0 untuk 0° ≤ x ≤ 360°
e. tentukan himpunan selesaian persamaan cos 2x + sin x − 1 = 0 untuk 0° ≤ x ≤ 360°
16. D. tentukan himpunan selesaian persamaan cos² x + sin² x − 1 = 0 untuk 0° ≤ x ≤ 360°

17. Jawaban siswa ketika menjawab soal “Tentukan nilai 3 + 3² + 3⁻² adalah 3”. Tindakan guru untuk mengatasi masalah tersebut sebaiknya dimulai dengan ....
a. Menanyakan kepada siswa alasan menjawab seperti itu.
b. Menyarankan untuk belajar lebih di rumah
c. Menegur untuk belajar lebih rajin
d. Memberikan soal lain sejenis dan menjelaskan penyelesaiannya
e. Memberitahu jawaban yang benar
17. A. Menanyakan kepada siswa alasan menjawab seperti itu

18. Dalam sebuah kelas, mayoritas siswa merasa jenuh dengan model pembelajaran yang diterapkan sehingga siswa terlihat bermalas-malasan mengikuti pembelajaran. Diantara tujuan PTK berikut, yang sesuai dengan permasalahan ialah ....
a. Meningkatkan pemahaman siswa melalui model pembelajaran matematika realistik
b. Membandingkan motivasi siswa sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran discovery
c. Mengetahui gambaran pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran discovery
d. Mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi pemahaman siswa dalam pembelajaran
e. Mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi siswa dalam pembelajaran
18. E. Mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi siswa dalam pembelajaran

19. Poin yang paling penting harus ada dalam kajian teori dalam laporan PTK tentang pembelajaran Cooperative learning tipe Jigsaw yang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah menggunakan konsep kesebangunan meliputi ....
a. Penjelasan tentang asal usul penelitian tindakan kelas, serta kelebihan dan kekurangan penelitian tindakan kelas jika dibandingkan dengan penelitian lainnya
b. Penjelasan mengapa pembelajaran Cooperative learning type Jigsaw dapat menyelesaikan masalah kesulitan siswa dalam menyelesaikan masalah menggunakan konsep kesebangunan
c. Penjelasan tentang macam-macam model pembelajaran abad 21 yang berkaitan dengan menyelesaikan masalah kesulitan siswa dalam menyelesaikan masalah menggunakan konsep kesebangunan
d. Penjelasan tentang macam-macam pendekatan yang dilakukan dalam penelitian tindakan kelas dan uraian materi yang akan dibelajarkan
e. Penjelasan tentang kurikulum 2013 dan metode Cooperative learning type Jigsaw pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa
19. B. Penjelasan mengapa pembelajaran Cooperative learning type Jigsaw dapat menyelesaikan masalah kesulitan siswa dalam menyelesaikan masalah menggunakan konsep kesebangunan

20. Tujuan pembelajaran yang menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensinya dimuat dalam ....
a. Silabus
b. RPP
c. Silabus dan RPP
d. SKL
e. Indikator
20. B. RPP

Semoga bermanfaat dan Sukses Selalu.. 

Download pdf DISINI

11 komentar:

Unknown mengatakan...

Terimakasih banyak pak, izin download pak

Iradah Said mengatakan...

Terima kasih banyak pak

Nurdiyah mengatakan...

Terimakasih pak

Teveria Siregar mengatakan...

Terimakasih oak,ijin donlot

Unknown mengatakan...

Terima kasih pak

Edubooth mengatakan...

Terimakasih pak

Unknown mengatakan...

Terimakasih pak Ardi, sangat bermanfaat

Unknown mengatakan...

Trimakasih bantak pak Ardi, semoga apa yg bpk berikan ini, mudah2an berkah dan bermanfaat buat kami yg lagi berjuang, dan semoga bpk sekeluarga sehat slalu dan diberikan rejeki yg berlimpah, Aamiin...

Sri handayani mengatakan...

Terima kasih pak... sangat bermanfaat 🙏

Unknown mengatakan...

Terima kasih Pak

Ardi Kusnadi mengatakan...

Semoga bermanfaat bapak/ibu semuanya..

Posting Komentar

TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANNYA