ARDI KUSNADI

Jumat, 25 Juni 2021

TIPS LULUS UKMPPG

 

Berikut ini tips bagi yang sedang akan menghadapi UKIN :

1. Jaga Kesehatan

Nah ini yang pasti harus diutamakan, jaga kesehatan. Jangan sampai esok UKIN lalu anda begadang semalaman sebelumnya buat menyiapkan perangkat KBM. 

Usahakan beres 2 hari sebelumnya, dan kalaupun H-1 masih ada pekerjaan maka jangan sampai larut malam, dijamin esok akan KO. 

Banyak teman saya seperti ini, jadi manajemen waktu adalah suatu hal krusial. Sebagus apapun perangkat pembelajaran, kalau manusianya (pengelola) KO ya di kelas juga akan KO. Jadi jangan main-main dengan kesehatan.

2. Persiapkan Perangkat Pembelajaran Terbaik

Saat UKIN, pastikan anda siapkan materi belajar yang paling dikuasai. Kan hanya satu pertemuan saja, jadi tidak sejalan dengan kurikulum sekolah juga tidak masalah. Kalau saya sih begitu. 

Aplikasikan apa yang dipelajari saat workshop dengan baik, mulai dari perencanaan RPP, pemilihan kata dalam indikator, media, metode, sintak belajar, evaluasi dan lainnya. Pokoknya harus lengkap karena penguji sangat detail baca itu RPP. 

Di akhir sesi juga saat refleksi tetap masih ada kesalahan, tapi kalau saya sih yang penting 80% komponen RPP dan pembelajaran terlaksana baik itu udah good lah. Pokoknya jangan sampai ada hal dalam RPP yang tidak dilaksanakan di saat UKIN. 

Karena teman saya juga karena RPP kopas tidak diedit jadi ketahuan. Ingat RPP itu dibaca ya oleh penguji, jadi tolong benar-benar diperhatikan.

3. Komunikasi Dengan Dosen/Guru Penguji

Silahkan konsul dengan dosen dan guru penguji agar RPP anda semakin baik dan semakin cetar membahana. Dengan begini kita tahu apa keinginan penguji sehingga bisa kita siapkan. Jangan sungkan pokoknya untuk mendatangi dan diskusi dengan guru pamong/dosen penguji anda.

4. Diskusi Dengan Teman Seperjuangan

Salah satu penyemangat kita adalah teman seperjuangan PPG. Silahkan bangun komunikasi, saling menguatkan dan diskusi model belajar terbaik dengan rekan-rekan anda, karena siapa lagi yang bisa membantu selain teman anda. Jangan ada yang individual, tapi kolaborasi.


Di akhir sesi UKIN biasanya akan ada refleksi dan kita akan diberitahu kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi biasa saja dan oleh sebab itu makanya anda harus pahami setiap kegiatan belajar dari mulai pembuka, inti sampai penutup.

Ikuti sesuai instrumen penilaian yang sudah diberikan saat workshop. TETAP SEMANGAT dan SEMOGA LULUS

https://www.gurugeografi.id/2019/10/tips-lulus-ukin-uji-kinerja-ppg-daljab.html


Berikut Beberapa Tips Agar Lulus Ujian Pengetahuan :

1. Belajarlah Sesuai Kisi-kisi yang ada

2. Perbanyak Latihan Soal.

Perbanyaklah Latihan Soal-soal, soal-soal bisa didapatkan dari angkatan sebelumnya dan bisa didapatkan dari Group wa atau Telegram yang membahas soal-soal UKMPPG. Jangan lupa kuasai dan bahas bersama teman teman soal UP tahap sebelumnya. 

3. Latihan Soal Jauh-Jauh Hari Sebelumnya.

Latihan soallah Jauh-jauh hari sebelumnya agar lancar,misalkan pada saat daring sudah mulai belajar soal-soal UP.

4. Bertanyalah Jika Tidak Paham.

Tidak usah malu dan Gengsi dalam bertanya,Bertanyalah kepada teman jika anda tidak paham dengan soal-soal Ujian Pengetahuan. Bertanya juga bisa dilakukan pada Group UKMPPG yang ada di wa atau telegram.

5. Jangan Terlalu lama fokus pada 1 soal

180 menit/100 = 9/5 menit = 1 menit 48 detik saja maksimal dalam satu soal..

Artinya pada saat mengerjakan sospri atau peda usahakan tak sampai 1 menit agar lebihnya utk prof, dulu saya jawabnya prof dulu dan sisa waktunya baru ngerjain sospri

6. Jujur.

Jangan Sekali-kali Menyontek atau berbuat Curang ketika Ujian karena ingat ketika anda lulus maka gaji sertifikasi anda itu akan cair terus dan itu akan anda makan.

7. Doa.

Mintalah Doa dan Restu dari Orang Tua dan Suami dan yang paling Utama Banyak berdoa kepada Allah SWT bagi yg muslim.

8. Permantap Ibadah.

Disamping ibadah wajib tambah dengan yg sunah yang lain misalkan sedekah dsb.

9. Sabar dan Ikhlas.

Jika Sudah memaksimalkan Usaha dan Memanjatkan Doa maka hasilnya serahkan kepada ALLAH SWT Tuhan Yang Maha Esa. Dan terimalah hasilnya dengan ikhlas, jika tidak sesuai harapan maka harus bersabar dan yakinlah itu yang terbaik.

https://www.kompasiana.com/ernisarif/5d9b2e780d823045fc4e83a3/mau-lulus-ukmppg-lakukan-hal-ini


Sekian tips dari saya, tidak ada maksud untuk menggurui siapapun, hanya ingin berbagi pengalaman..

Karena saya yakin masih banyak bapak/ibu guru yg luar biasa hebat di luar sana, saya hanya orang yang ingin terus belajar ..

Semoga bermanfaat.🙏

4 komentar:

Belajar Matematika mengatakan...

Mantap. Terima kasih.

Unknown mengatakan...

Terimakasih banyak pak Ardi. Atas support nya. Semoga kami semua lulus UKMPPG tahun ini. Aaamiinn...

Smansa Tilamuta.com mengatakan...

Trimakasih karena Bapak tak henti2nya mensupport Kami

Unknown mengatakan...

MaasyaAllah... Semoga tips2 ini bisa dilksnakan. Terimakasih Pak, sangat menginspirasi

Posting Komentar

TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANNYA