ARDI KUSNADI

Jumat, 18 Juni 2021

PEDAGOGIK MTK BAGIAN 1



Berikut ini adalah beberapa soal pedagogik MTK Bagian 1, Selamat mengerjakan ...

1. Dari suatu KD “Menganalisis hubungan antara data dan cara penyajiannya (tabel, diagram garis, diagram batang, dan diagram lingkaran” disusunlah indikator-indikator sebagai berikut:
    (1) Mengurutkan data tunggal
    (2) Menyajikan data mulai yang terkecil ke data yang terbesar
    (3) Menentukan perbandingan prosentase data satu dengan yang lain
    (4) Menafsirkan dan menyimpulkan sajian data yang berupa tabel
Dari indikator-indikator tersebut, indikator yang sesuai dengan KD yang disajikan adalah ....
a. (1) dan (2)
b. (2) dan (4)
c. (1) dan (4)
d. (2) dan (3)
e. (1) dan (3)
1. B. (2) dan (4)

2. Bu Nia berencana menggunakan materi berikut untuk mengawali pembelajaran materi tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Seekor katak terjebak di dasar sumur dengan kedalaman 20 meter. Katak tersebut berusaha keluar dari sumur tersebut dengan cara merayap di dinding sumur. Satu jam pertama katak naik 3 meter. Satu jam berikutnya turun 2 meter. Satu jam lagi naik naik 3 meter, kemudian turun 2 meter. Begitu seterusnya hingga si katak mencapai bibir sumur. Tentukan pada jam ke berapakah, katak tepat berada di bibir sumur. Apabila murid Bu Nia memiliki kecepatan belajar yang beragam, pemilihan materi tersebut ....
a. Tepat karena penggunaan masalah sehari- hari tersebut akan memudahkan siswa, baik yang kecepatan belajarnya tinggi, sedang, maupun rendah, memahami konsep sekaligus mengembangkan kemampuan memecahkan masalah
b. Tepat karena penggunaan masalah sehari- hari tersebut cocok untuk siswa dengan kecepatan belajar sedang sehingga siswa dengan kecepatan belajar rendah dan tinggi akan menyesuaikan
c. Tidak tepat karena bagi siswa yang memiliki kecepatan belajar rendah, konsep penjumlahan lebih mudah dipahami jika langsung diajarkan konsep dasarnya daripada menggunakan masalah kontekstual tersebut
d. Tidak tepat karena penggunaan masalah sehari-hari seperti itu justru membingungkan tidak saja bagi siswa dengan kecepatan belajar rendah tetapi juga untuk siswa dengan kecepatan belajar yang lebih tinggi
e. Tidak tepat karena penggunaan masalah sehari-hari seperti itu hanya tepat untuk siswa dengan kecepatan belajar yang tinggi
2. A. Tepat karena penggunaan masalah sehari- hari tersebut akan memudahkan siswa, baik yang kecepatan belajarnya tinggi, sedang, maupun rendah, memahami konsep sekaligus mengembangkan kemampuan memecahkan masalah

3. Seorang guru matematika akan membelajarkan cara menentukan luas permukaan kubus pada siswa kelas VIII. Media yang sesuai untuk digunakan dalam pembelajaran adalah ....
a. Kubus dari potongan kayu
b. Kubus dari kerangka kawat
c. Kubus dari karton
d. Power point tentang Kubus
e. Kubus-kubus satuan
3. C. Kubus dari Karton

4. Diketahui indikator suatu KD adalah “Mengidentifikasi hubungan dua garis sejajar dikaitkan dengan nilai gradien”. Soal yang sesuai dengan indikator tersebut adalah ....
a. Tentukan gradien dari garis lurus yang sejajar dengan sumbu-x
b. Bagaimana gradien dua garis lurus yang sejajar
c. Buatlah persamaan garis yang sejajar dengan garis y = 2x + 1
d. Jawaban a, b benar
e. Jawaban a, b, c benar
4. C. Buatlah persamaan garis yang sejajar dengan garis y = 2x + 1

5. Berikut ini adalah inti tujuan mata pelajaran Matematika di SMP/MTs yang hendak dicapai pada saat siswa belajar KD: “Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar dan menggunakannya untuk menentukan keliling dan luas”, kecuali ....
a. menyelesaikan masalah matematika
b. memahami konsep matematika
c. menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan
d. mengkomunikasikan gagasan dan penalaran
e. mengembangkan penalaran
5. A. menyelesaikan masalah matematika

6. Pada pelajaran matematika topik kesebangunan dan kekongruenan, tersedia topik sebagai berikut:
    Ø kesebangunan bangun datar
    Ø kesebangunan segitiga
    Ø kekongruenan segitiga
    Ø kekongruenan bangun datar
Urutan topik yang seharusnya dipelajari siswa adalah ....
a. (1), (2), (3), (4)
b. (2), (1), (4), (3)
c. (4), (3), (2), (1)
d. (2), (4), (1), (3)
e. (3), (1), (4), (2)
6. B. (2), (1), (4), (3)

7. Satu indikator dari suatu kompetensi dasar pada pembelajaran geometri adalah menjelaskan panjang sisi suatu segitiga berdasarkan kesebangunan dua segitiga. Materi yang paling sesuai untuk mencapai indikator tersebut adalah ....
a. Syarat kesebangunan dua segitiga
b. Pengertian kesebanguna dua segitiga
c. Ciri-ciri kesebanguna dua segitiga
d. Perbandingan sudut-sudut dua segitiga sebangun
e. Sifat-sifat kesebangunan dua segitiga
7. E. Sifat-sifat kesebangunan dua segitiga

8. Media yang paling tepat untuk membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran “Merumuskan dan menyelesaikan masalah yang melibatkan prinsip perkalian” adalah ....
a. Tayangan power point situasi dunia nyata yang terkait dengan prinsip perkalian
b. Hand out yang memuat situasi dunia nyata yang terkait dengan prinsip perkalian
c. Video situasi dunia nyata yang terkait dengan prinsip perkalian
d. Gambar-gambar situasi dunia nyata yang terkait dengan prinsip perkalian
e. Buku siswa yang memuat situasi dunia nyata yang terkait dengan prinsip perkalian
8. D. Gambar-gambar situasi dunia nyata yang terkait dengan prinsip perkalian

9. Pada akhir pembelajaran peluang, seorang siswa mengajukan pertanyaan: “Mengapa kita bisa menentukan peluang munculnya sisi gambar untuk suatu mata uang yang dilempar dua kali dengan dua mata uang dilempar sekali sama?”. Terhadap pertanyaan itu, tindakan guru yang paling tepat adalah ....
a. Meminta siswa tertentu yang dia pilih secara acak untuk menjawab pertanyaan itu
b. Meminta semua siswa menjawab pertanyaan itu secara berpasangan dengan strategi TPS (Think-Pair-Share)
c. Langsung menjawabnya karena dia merasa pertanyaan tersebut tidak sulit sama sekali
d. Meminta setiap siswa memikirkan pertanyaan itu secara individual dan menyampaikan jawabannya ketika dia tunjuk
e. Meminta siswa tertentu yang sudah dia kenal dengan baik untuk menjawab pertanyaan itu
9. B. Meminta semua siswa menjawab pertanyaan itu secara berpasangan dengan strategi TPS (Think-Pair-Share)

10. Dalam pembelajaran tentang aturan pencacahan, guru meminta siswa untuk menentukan banyak cara menyusun 3 kaos dan 2 kemeja dalam satu tumpukan. Ada beberapa siswa yang menjawab dengan hasil yang berbeda, seperti 5 (2 + 3), 6 (2 x 3), dan 120 (5!). Tindakan guru terhadap jawaban-jawaban siswa yang paling sesuai adalah ....
a. Guru memberikan soal serupa dengan soal yang diberikan sebelumnya
b. Memberitahukan secara langsung jawaban yang benar adalah 120
c. Meminta siswa dengan jawaban benar untuk membantu siswa dengan jawaban salah
d. Meminta siswa untuk menjelaskan alasan-alasan terhadap jawaban yang diberikan
e. Mengajari kembali siswa yang menjawab 5, karena jawabannya salah
10. D. Meminta siswa untuk menjelaskan alasan-alasan terhadap jawaban yang diberikan

11. Untuk memulai pembelajaran penerapan turunan fungsi aljabar, sebaiknya guru memulai pembelajaran dengan ....
a. Mengerjakan bersama-sama soal penerapan turunan fungsi aljabar
b. Meminta siiswa untuk mengerjakan soal materi prasyarat penerapan turunan fungsi aljabar
c. Memberikan rumus-rumus yang akan digunakan dalam penerapan turunan fungsi aljabar
d. Memberikan beberapa contoh manfaat penggunaan turunan fungsi aljabar
e. Memberikan tugas merangkum materi tentang penerapan turunan aljabar
11. D. Memberikan beberapa contoh manfaat penggunaan turunan fungsi aljabar

12. Diketahui indikator “Menyelesaikan masalah yang terkait dengan ukuran pemusatan data”. Soal yang cocok untuk mengukur ketercapaian indikator tersebut adalah ....
a. Tentukan modus dari data 12, 14, 7, 8, 13, 7, 8 14, 13, 9, 8.
b. Tentukan simpangan rata-rata dari data 12, 14, 7, 8, 13, 7, 8 14, 13, 9, 8.
c. Tentukan urutan dari data 12, 14, 7, 8, 13, 7, 8 14, 13, 9, 8.
d. Tentukan range atau jangkauan dari data 12, 14, 7, 8, 13, 7, 8 14, 13, 9, 8.
e. Tentukan varians dari data 12, 14, 7, 8, 13, 7, 8 14, 13, 9, 8.
12. A. Tentukan modus dari data 12, 14, 7, 8, 13, 7, 8 14, 13, 9, 8

13. Dari soal-soal di bawah ini, manakah yang merupakan soal yang bermakna untuk mengukur penerapan konsep persegi panjang?
a. Mengapa persegi panjang adalah sebuah jajargenjang?
b. Apakah persegipanjang adalah persegi?
c. Dari contoh-contoh bangun datar berikut manakah yang merupakan persegipanjang? Berikan alasan secukupnya.
d. Hitunglah keliling persegi panjang dengan panjang adalah 8cm dan lebar adalah 5 cm
e. Apakah persegi panjang semua sudutnya 900? Berikan alasan secukupnya
13. C. Dari contoh-contoh bangun datar berikut manakah yang merupakan persegipanjang? Berikan alasan secukupnya.

14. Dalam sebuah pembelajaran tentang bentuk aljabar, 2a + 3b diilustrasikan oleh siswa sebagai jumlahan dua buah apel dan tiga buah jeruk. Siswa lain mengilustrasikan jumlahan dari buah apel yang berada pada dua kardus besar dan tiga kardus kotak kecil. Tindakan yang tepat yang dapat dilakukan oleh guru untuk menangani perbedaan pendapat siswa tersebut ialah ....
a. Menjelaskan bahwa kedua jawaban tersebut benar
b. Meminta siswa untuk melihat kembali tentang definisi variabel
c. Meminta siswa untuk melihat kembali unsur dari bentuk aljabar
d. Memberikan soal lain agar siswa dapat mendapatkan pola
e. Memberikan selamat bagi siswa yang menjawab dengan benar
14. B. Meminta siswa untuk melihat kembali tentang definisi variabel

15. Diketahui barisan 2, 4, 8, 16, 32, .... Tentukan suku ke 26 barisan tersebut. Dari pilihan jawaban berikut yang merupakan pengecoh yang kurang tepat adalah ....
a. 134217728
b. 67108864
c. 33554432
d. 16777216
e. 232
15. B. 67108864

16. Diketahui suatu indikator menghitung panjang garis singgung persekutuan luar dua lingkaran. Soal berikut yang paling tepat untuk mengukur capaian indikator tersebut ialah ....
a. Panjang garis singgung persekutuan luar dua buah lingkaran adalah 12 cm dan jarak dua titik pusat lingkaran tersebut adalah 13 cm. Jika panjang salah satu jari-jari lingkaran adalah 8 cm, Luas lingkaran yang lain adalah...
b. Diketahui dua buah lingkaran dengan pusat di A dan B, masing-masing berjari- jari 34 cm dan 10 cm. Garis CD merupakan garis singgung persekutuan luar. Bila CD = 32 cm, panjang AB adalah.....
c. Delapan buah roda dililit dengan tali seperti gambar berikut, masing-masing roda diameternya 14 cm. Tentukan panjang tali yang melilit roda-roda tersebut.
d. Panjang jari-jari dua lingkaran adalah 29 cm dan 14 cm. Panjang garis singgung persekutuan luarnya 36 cm. Hitung jarak pusat kedua lingkarannya
e. Apakah yang dimaksud dengan garis singgung lingkaran luar dua lingkaran?
16. C. Delapan buah roda dililit dengan tali seperti gambar berikut, masing-masing roda diameternya 14 cm. Tentukan panjang tali yang melilit roda-roda tersebut.

17. Dalam sebuah pembelajaran terdapat siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal tentang membedakan sebuah relasi yang merupakan sebuah fungsi dan relasi yang bukan merupakan fungsi. Tindakan guru yang paling tepat untuk membantu siswa tersebut ialah ....
a. Meminta siswa menghapal konsep relasi dan fungsi.
b. Meminta siswa untuk membaca kembali buku yang dimiliki
c. Meminta siswa untuk mengerjakan soal- soal yang berhubungan dengan relasi dan fungsi
d. Menjelaskan kembali tentang de nisi relasi dan fungsi
e. Memberikan contoh-contoh relasi yang merupakan fungsi dan contoh-contoh relasi yang bukan fungsi
17. E. Memberikan contoh-contoh relasi yang merupakan fungsi dan contoh-contoh relasi yang bukan fungsi

18. Di pembelajaran terdapat masalah siswa kesulitan dalam menentukan jarak titik ke garis dalam ruang dimensi tiga. Guru akan melakukan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan pembelajaran langsung berbantuan alat peraga. Tujuan yang paling sesuai untuk penelitian tersebut adalah ....
a. Mendeskripsikan pembelajaran langsung berbantuan alat peraga yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi dalam menentukan jarak titik ke garis
b. Mendeskripsikan kesulitan pembelajaran langsung berbantuan alat peraga pada materi menentukan jarak titik ke garis
c. Mendeskripsikan pembelajaran langsung berbantuan alat peraga yang dapat mengatasi kesulitan siswa dalam menyelesaikan masalah menentukan jarak titik ke garis
d. Mengetahui prosentasi peningkatan prestasi kemampuan siswa dalam menentukan jarak titik ke garis dalam pembelajaran langsung berbantuan alat peraga
e. Mendeskripsikan pembelajaran langsung berbantuan alat peraga yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam menentukan jarak titik ke garis
18. C. Mendeskripsikan pembelajaran langsung berbantuan alat peraga yang dapat mengatasi kesulitan siswa dalam menyelesaikan masalah menentukan jarak titik ke garis

19. Diketahui judul PTK :”Penerapan Reciprocal Teaching untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas 7A SMPN 1 Salatiga”
    (1) Komunikasi Matematis
    (2) Reciprocal Teaching
    (3) Kemampuan Matematis
    (4) Pembelajaran Matematika
Dari poin-poin materi tersebut, yang harus dibahas dalam kajian pustaka adalah ....
a. (1) dan (2)
b. (3) dan (4)
c. (1), (2), dan (3)
d. (1) dan (3)
e. (2) dan (4)
19. A. (1) dan (2)

20. Perhatikan pernyataan berikut:
    1) pengetahuan dikonstruksi secara aktif oleh individu,
    2) pengetahuan adalah non-objective, temporer, selalu berubah dan tidak menentu
    3) menjadi tahu merupakan proses adaptasi dan pengetahuan bersifat tetap,
    4) pembentukan pengetahuan tidak tergantung persepsi dan aksi.
Pernyataan yang tidak sesuai dengan teori konstruktivisme ditunjukkan oleh pernyataan bernomor....
a. (1) dan (4)
b. (1) dan (2)
c. (3) dan (4)
d. (1) dan (3)
e. (2) dan (4)
20. C. (3) dan (4)

Semoga bermanfaat dan Sukses Selalu.. 

Download pdf DISINI

33 komentar:

Dinata mengatakan...

Terimakasih pak arfi...

Teveria Siregar mengatakan...

Makasih pak,sukses terus.

zarina mengatakan...

Terima kasih banyak pak Ardi

Unknown mengatakan...

thanks pak

Hayyu Muiz Mahardika mengatakan...

Pak ardi ini hape saya atau memang warnanya begini pak?g terlihat hurufnya pak hiks hiks hiks...

Unknown mengatakan...

Terimakasih pak Ardi

verotonapa mengatakan...

terima kasih Pak Ardi

Unknown mengatakan...

Terimakasih pak Ardi

Unknown mengatakan...

Terima kasih pak

Nurdiyah mengatakan...

Terimakasih pak

Unknown mengatakan...

terima kasih Pak

Unknown mengatakan...

Terima kasih banyak pak

Unknown mengatakan...

Terimakasih pak Ardi, dengan adanya pembahasan jawaban, mudah mudahan saya
semakin paham.

Unknown mengatakan...

Terima kasih pak,sangat bermanfaat

Unknown mengatakan...

Terima kasih banyak Pak Ardi

Rhyna mengatakan...

terima kasih pak

Asyik Belajar Matematika mengatakan...

Trimakasih Pak Ardi, ditinggu pembahasan soal pedagogik matematika selanjutnya Pak...

Matematika Itu Asik mengatakan...

TERIMAKASIH PAK ARDI...

Unknown mengatakan...

Terima kasih Pak Ardi....sukses slalu pak

Unknown mengatakan...

Aamiin... sukes selalu juga pa. Trmksh pa

D. Susilo mengatakan...

terimakasih pak andi, sangat bermanfaat

Rosmawati, S.Pd mengatakan...

Terimakasih pak ardi.. semoga sehat selalu.

Unknown mengatakan...

terimakasih pak :)

Teveria Siregar mengatakan...

Terimaaksih pak

Ardi Kusnadi mengatakan...

Semoga bermanfaat bapak/ibu semua

Unknown mengatakan...

Terimakasih pak...

Unknown mengatakan...

Terimkasih pak

Sri handayani mengatakan...

terima kasih pak ardi...

Unknown mengatakan...

Terimkasih pak ardi sangat bermanfaat sekali materi peda inj

Rumah Matematika mengatakan...

terimkash pak

Rini aswita mengatakan...

terimakasih pak..semoga sehat dan sukses selalu

Unknown mengatakan...

Terimakasih pak Ardi. Sangat bermanfaat .

Unknown mengatakan...

Trimksih bnyak pak ardi

Posting Komentar

TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANNYA