Berikut ini adalah beberapa soal Pedagogik Guru Bagian 6, Selamat mengerjakan ...
1. Aliran ini lebih menekankan pada keaktifan siswa selama kegiatan belajar, aktif berpikir, menyusun konsep-konsep serta memberi makna tentang hal- hal yang dipelajari dan yang paling penting terwujudnya belajar adalah niat peserta didik itu sendiri. Pernyataan tersebut merupakan aliran dari teori ....
a. Humanistikb. Sibernetikc. Konstruktivistikd. Behavioristike. Kognitivistik
2. Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar ....
a. Kognitivistikb. Sibernetikc. Konstruktivistikd. Humanistice. Behavioristik
3. Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah ....
a. Kemampuan berkomunikasib. Kemampuan mengemukakan pendapatc. Kemampuan berinteraksid. Kemampuan untuk memecahkan masalahe. Kemampuan untuk mengintegrasikan diri
4. Dibawah ini adalah tipe belajar menurut Habermas, kecuali ....
a. Belajar konsepb. Belajar praktisc. Belajar emansipatorisd. Belajar aktife. Belajar teknis
5. Apabila dalam proses belajar peserta didik melakukan sesuatu sampai dengan mendapatkan respon yang tepat dan sesuai dengan apa yang diinginkan serta menghilangkannya apabila dirasakan tidak sesuai, hal ini merupakan prinsip belajar dari ....
a. Conditioningb. Konseptualisasic. Shapingd. Stimulus respone. Trial and error
6. Menurut Bruner, apabila seseorang memahami obyek-obyek atau dunianya melalui gambar-gambar dan visualisasi verbal dengan kata lain peserta didik belajar melalui bentuk perumpamaan atau perbandingan, hal ini merupakan tahapan dari ....
a. Intuitifb. Enaktifc. Simbolikd. Ikonike. Konflik
7. Teori belajar yang mengutamakan perubahan tingkah laku pada individu yang belajar dengan mengutamakan hubungan stimulus dan respon merupakan teori belajar ....
a. Kognitivistikb. Humanistikc. Rekonstruktivistikd. Behavioristike. Konstruktivistik
8. Seluruh komponen pendidikan memiliki tujuan yang sama yaitu terbentuknya manusia yang ideal, manusia yang dicita-citakan, yaitu manusia yang mampu mencapai aktualisasi diri. Pernyataan tersebut merupakan bagian dari teori ....
a. Behavioristikb. Sibernetikc. Konstruktivistikd. Humanistike. Kognitivistik
9. Pada tahap konseptualisasi, kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik adalah ....
a. Mampu memahami permasalahanb. Mampu memahami sebuah kejadianc. Mampu membuat peraturand. Mampu memecahkan masalahe. Mampu mengalami sebuah kejadian
10. Contoh penerapan teori behavioristik yang dapat dilakukan oleh guru dalam praktik pembelajaran adalah ....
a. Memberikan penjelasan pengetahuan barub. Membimbing siswa dalam memperoleh pengetahuan baruc. Menyediakan atau memberikan kegiatan-kegiatan yang merangsang keingintahuan siswa dan membantu mereka kengekspresikan gagasannyad. Memahami tahap-tahap perkembangan peserta didik dan menggunakan metode pembelajaran sesuai dengan tahap tersebute. Memberikan stimulus kepada peserta didik berupa penataan lingkungan belajar
11. Seperti apa yang dikatakan oleh Friedman, perkembangan teknologi begitu cepat namun manusia belum bisa mengimbangi percepatan perkembangan teknologi. Sebagai seorang guru, maka yang harus dilakukan dalam rangka menyesuaikan dengan perkembangan teknologi adalah ....
a. Guru tidak melarang, membatasi, maupun memberikan edukasib. Mengintegrasikan teknologi ke ruang kelas dan memberikan penjelasan cara penggunaannyac. Membebaskan peserta didik menggunakan alat teknologi di dalam kelasd. Memberi kebebasan belajar dengan HPe. Tidak menganjurkan peserta didik untuk membawa alat teknologi
12. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan oleh seorang guru dalam mengembangkan kurikulum yaitu tujuan Pendidikan nasional, visi, misi, tujuan yang diharapkan masyarakat. Hal ini berarti ....
a. Guru menyusun program pembelajaran menyesuaikan dengan kurikulum yang ada berdasarkan tujuan yang ditetapkan.b. Guru menyusun program pembelajaran dengan mengacu kepada tujuan Pendidikan nasional, visi, misi, tujuan juga disesuaikan dengan kondisi masyarakatc. Guru melakukan pembelajaran hanya disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat setempat.d. Guru menyusun program pembelajaran di kelas diterjemahkan ke dalam sebuah tujuan nasionale. Guru melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan pengalamannya yang menurutnya penting.
13. Di bawah ini merupakan kajian pokok implementasi kurikulum, kecuali ....
a. Evaluasi proses yang dilaksanakanb. Mengembangkan programc. Pengembangan kurikulumd. Pelaksanaan Pembelajaran pembelajarane. Merancang dokumen kurikulum
14. Menurut Friedman, perkembangan teknologi begitu cepat namun manusia belum bisa mengimbangi percepatan perkembangan teknologi. Dalam pengembangan sebuah kurikulum, fenomena tersebut bisa diartikan dan digunakan untuk ....
a. Mengidentifikasi perkembangan teknologi, menyiapkan strategi antisipasi untuk mengejar ketertinggalan dalam beradaptasi dengan teknologib. Identifikasi perkembangan zaman, sehingga pembelajaran harus mengikuti perkembangan teknologi.c. Memberi kebebasan belajar dengan HPd. Guru tidak melarang, membatasi, maupun memberikan edukasie. Mengintegrasikan teknologi ke ruang kelas dan memberikan penjelasan cara penggunaannya
15. Kurikulum Indonesia telah mengalami perubahan sebanyak sepuluh kali. Jika dikelompokkan dalam jenisnya, kurikulum yang dikembangkan pada tahun 2004-2013, termasuk jenis kurikulum ....
a. Kurikulum berbasis konten pembelajaranb. Kurikulum berbasis pada pencapaian tujuanc. Kurikulum sebagai rencana pelajarand. Kurikulum berbasis pada kompetensie. Kurikulum berbasis pada pencapaian proses
16. Dalam kurikulum 2013, terdapat integrasi antara ilmu pengetahuan dan karakter. Hal ini sesuai dengan arah baru program baru UNESCO yaitu ....
a. Sains dan nilai religius terintegrasib. Pikiran dan benda terintegrasi dalam pengembanganc. Pendidikan merupakan integral dari semua perkembangand. Pendidikan untuk semuae. Ekonomi, manusia, lingkungan, dan sosial diintegrasikan
17. Nilai-nilai kehidupan dan budaya dalam masyarakat senantiasa berkembang, maka peran kurikulum tidak hanya mewariskan nilai dan budaya melainkan juga berperan untuk menilai dan memilih nilai budaya serta pengetahuan baru yang akan diwariskan. Penjelasan tersebut merupakan ....
a. Peran konservatifb. Peran kritis dan evaluatifc. Peran kreatifd. Peran sumatife. Peran sosial
18. Dalam pelaksanan kurikulum 2013, peserta didik memerlukan berbagai macam sumber literasi untuk menunjang berbagai macam bacaan dan literasi. Namun, masih ada sekolah yang tidak memilikinya. Hal tersebut merupakan hambatan dari salah satu faktor ....
a. Faktor lingkungan sekolahb. Faktor sarana dan fasilitasc. Faktor sekolahd. Faktor administrasie. Faktor budaya dan ideologi
19. Kurikulum bukan hanya dipandang sebagai seperangkat mata pelajaran dan silabus, namun juga harus dipandang sebagai ....
a. Seperangkat dokumen yang harus dilaksanakanb. Materi yang harus disampaikan kepada peserta didikc. Seperangkat alat pembelajaran yang harus disesuaikan dengan peserta didikd. Seperangkat tujuan pembelajarane. Rincian jadwal pelajaran
20. Kurikulum sebagai seluruh aktivitas peserta didik baik yang dilakukan di dalam maupun di luar kelas berarti ....
a. Menyusun aktivitas pembelajaran yang disajikan dalam RPP untuk menjadi dokumen sekolahb. Menyusun daftar isi bahan pembelajaran agar mudah dipelajari oleh siswa dalam proses pembelajaranc. Menyusun rancangan kunjungan ke kebun binatang untuk menyelesaikan projek pembelajaran sainsd. Menyusun daftar mata pelajaran yang harus dipelajari oleh siswa selama menempuh pembelajaran di kelase. Menyusun modul pembelajaran yang memuat aktivitas belajar siswa
Semoga bermanfaat dan Sukses Selalu..
3 komentar:
Terimakasih pak Ardi.
Terima kasih pak ardi, semoga pak ardi sehat selalu....
Terimakasih Pak
Posting Komentar