ARDI KUSNADI

Sabtu, 17 Juli 2021

PEDAGOGIK 6



Berikut ini adalah beberapa soal Pedagogik Guru Bagian 6, Selamat mengerjakan ...


1. Aliran ini lebih menekankan pada keaktifan siswa selama kegiatan belajar, aktif berpikir, menyusun konsep-konsep serta memberi makna tentang hal- hal yang dipelajari dan yang paling penting terwujudnya belajar adalah niat peserta didik itu sendiri. Pernyataan tersebut merupakan aliran dari teori ....
a. Humanistik
b. Sibernetik
c. Konstruktivistik
d. Behavioristik
e. Kognitivistik
c. Konstruktivistik

2. Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, membuat dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, membuktikan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar .... 
a. Kognitivistik
b. Sibernetik
c. Konstruktivistik
d. Humanistic
e. Behavioristik
c. Konstruktivistik

3. Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah .... 
a. Kemampuan berkomunikasi
b. Kemampuan mengemukakan pendapat
c. Kemampuan berinteraksi
d. Kemampuan untuk memecahkan masalah
e. Kemampuan untuk mengintegrasikan diri
c. Kemampuan berinteraksi

4. Dibawah ini adalah tipe belajar menurut Habermas, kecuali ....
a. Belajar konsep
b. Belajar praktis
c. Belajar emansipatoris
d. Belajar aktif
e. Belajar teknis
d. Belajar aktif

5. Apabila dalam proses belajar peserta didik melakukan sesuatu sampai dengan mendapatkan respon yang tepat dan sesuai dengan apa yang diinginkan serta menghilangkannya apabila dirasakan tidak sesuai, hal ini merupakan prinsip belajar dari .... 
a. Conditioning
b. Konseptualisasi
c. Shaping
d. Stimulus respon
e. Trial and error
e. Trial and error

6. Menurut Bruner, apabila seseorang memahami obyek-obyek atau dunianya melalui gambar-gambar dan visualisasi verbal dengan kata lain peserta didik belajar melalui bentuk perumpamaan atau perbandingan, hal ini merupakan tahapan dari .... 
a. Intuitif
b. Enaktif
c. Simbolik
d. Ikonik
e. Konflik
d. Ikonik

7. Teori belajar yang mengutamakan perubahan tingkah laku pada individu yang belajar dengan mengutamakan hubungan stimulus dan respon merupakan teori belajar .... 
a. Kognitivistik
b. Humanistik
c. Rekonstruktivistik
d. Behavioristik
e. Konstruktivistik
d. Behavioristik

8. Seluruh komponen pendidikan memiliki tujuan yang sama yaitu terbentuknya manusia yang ideal, manusia yang dicita-citakan, yaitu manusia yang mampu mencapai aktualisasi diri. Pernyataan tersebut merupakan bagian dari teori ....
a. Behavioristik
b. Sibernetik
c. Konstruktivistik
d. Humanistik
e. Kognitivistik
d. Humanistik

9. Pada tahap konseptualisasi, kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik adalah .... 
a. Mampu memahami permasalahan
b. Mampu memahami sebuah kejadian
c. Mampu membuat peraturan
d. Mampu memecahkan masalah
e. Mampu mengalami sebuah kejadian
d. Mampu memecahkan masalah

10. Contoh penerapan teori behavioristik yang dapat dilakukan oleh guru dalam praktik pembelajaran adalah ....
a. Memberikan penjelasan pengetahuan baru
b. Membimbing siswa dalam memperoleh pengetahuan baru
c. Menyediakan atau memberikan kegiatan-kegiatan yang merangsang keingintahuan siswa dan membantu mereka kengekspresikan gagasannya
d. Memahami tahap-tahap perkembangan peserta didik dan menggunakan metode pembelajaran sesuai dengan tahap tersebut
e. Memberikan stimulus kepada peserta didik berupa penataan lingkungan belajar
e. Memberikan stimulus kepada peserta didik berupa penataan lingkungan belajar

11. Seperti apa yang dikatakan oleh Friedman, perkembangan teknologi begitu cepat namun manusia belum bisa mengimbangi percepatan perkembangan teknologi. Sebagai seorang guru, maka yang harus dilakukan dalam rangka menyesuaikan dengan perkembangan teknologi adalah .... 
a. Guru tidak melarang, membatasi, maupun memberikan edukasi
b. Mengintegrasikan teknologi ke ruang kelas dan memberikan penjelasan cara penggunaannya
c. Membebaskan peserta didik menggunakan alat teknologi di dalam kelas
d. Memberi kebebasan belajar dengan HP
e. Tidak menganjurkan peserta didik untuk membawa alat teknologi
b. Mengintegrasikan teknologi ke ruang kelas dan memberikan penjelasan cara penggunaannya

12. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan oleh seorang guru dalam mengembangkan kurikulum yaitu tujuan Pendidikan nasional, visi, misi, tujuan yang diharapkan masyarakat. Hal ini berarti ....
a. Guru menyusun program pembelajaran menyesuaikan dengan kurikulum yang ada berdasarkan tujuan yang ditetapkan.
b. Guru menyusun program pembelajaran dengan mengacu kepada tujuan Pendidikan nasional, visi, misi, tujuan juga disesuaikan dengan kondisi masyarakat
c. Guru melakukan pembelajaran hanya disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat setempat.
d. Guru menyusun program pembelajaran di kelas diterjemahkan ke dalam sebuah tujuan nasional
e. Guru melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan pengalamannya yang menurutnya penting.
c. Guru melakukan pembelajaran hanya disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat setempat.

13. Di bawah ini merupakan kajian pokok implementasi kurikulum, kecuali .... 
a. Evaluasi proses yang dilaksanakan
b. Mengembangkan program
c. Pengembangan kurikulum
d. Pelaksanaan Pembelajaran pembelajaran
e. Merancang dokumen kurikulum
c. Pengembangan kurikulum

14. Menurut Friedman, perkembangan teknologi begitu cepat namun manusia belum bisa mengimbangi percepatan perkembangan teknologi. Dalam pengembangan sebuah kurikulum, fenomena tersebut bisa diartikan dan digunakan untuk ....
a. Mengidentifikasi perkembangan teknologi, menyiapkan strategi antisipasi untuk mengejar ketertinggalan dalam beradaptasi dengan teknologi
b. Identifikasi perkembangan zaman, sehingga pembelajaran harus mengikuti perkembangan teknologi.
c. Memberi kebebasan belajar dengan HP
d. Guru tidak melarang, membatasi, maupun memberikan edukasi
e. Mengintegrasikan teknologi ke ruang kelas dan memberikan penjelasan cara penggunaannya
a. Mengidentifikasi perkembangan teknologi, menyiapkan strategi antisipasi untuk mengejar ketertinggalan dalam beradaptasi dengan teknologi

15. Kurikulum Indonesia telah mengalami perubahan sebanyak sepuluh kali. Jika dikelompokkan dalam jenisnya, kurikulum yang dikembangkan pada tahun 2004-2013, termasuk jenis kurikulum ....
a. Kurikulum berbasis konten pembelajaran
b. Kurikulum berbasis pada pencapaian tujuan
c. Kurikulum sebagai rencana pelajaran
d. Kurikulum berbasis pada kompetensi
e. Kurikulum berbasis pada pencapaian proses
d. Kurikulum berbasis pada kompetensi

16. Dalam kurikulum 2013, terdapat integrasi antara ilmu pengetahuan dan karakter. Hal ini sesuai dengan arah baru program baru UNESCO yaitu ....
a. Sains dan nilai religius terintegrasi
b. Pikiran dan benda terintegrasi dalam pengembangan
c. Pendidikan merupakan integral dari semua perkembangan
d. Pendidikan untuk semua
e. Ekonomi, manusia, lingkungan, dan sosial diintegrasikan
a. Sains dan nilai religius terintegrasi

17. Nilai-nilai kehidupan dan budaya dalam masyarakat senantiasa berkembang, maka peran kurikulum tidak hanya mewariskan nilai dan budaya melainkan juga berperan untuk menilai dan memilih nilai budaya serta pengetahuan baru yang akan diwariskan. Penjelasan tersebut merupakan ....
a. Peran konservatif
b. Peran kritis dan evaluatif
c. Peran kreatif
d. Peran sumatif
e. Peran sosial
b. Peran kritis dan evaluatif

18. Dalam pelaksanan kurikulum 2013, peserta didik memerlukan berbagai macam sumber literasi untuk menunjang berbagai macam bacaan dan literasi. Namun, masih ada sekolah yang tidak memilikinya. Hal tersebut merupakan hambatan dari salah satu faktor ....
a. Faktor lingkungan sekolah
b. Faktor sarana dan fasilitas
c. Faktor sekolah
d. Faktor administrasi
e. Faktor budaya dan ideologi
b. Faktor sarana dan fasilitas

19. Kurikulum bukan hanya dipandang sebagai seperangkat mata pelajaran dan silabus, namun juga harus dipandang sebagai ....
a. Seperangkat dokumen yang harus dilaksanakan
b. Materi yang harus disampaikan kepada peserta didik
c. Seperangkat alat pembelajaran yang harus disesuaikan dengan peserta didik
d. Seperangkat tujuan pembelajaran
e. Rincian jadwal pelajaran
c. Seperangkat alat pembelajaran yang harus disesuaikan dengan peserta didik

20. Kurikulum sebagai seluruh aktivitas peserta didik baik yang dilakukan di dalam maupun di luar kelas berarti ....
a. Menyusun aktivitas pembelajaran yang disajikan dalam RPP untuk menjadi dokumen sekolah
b. Menyusun daftar isi bahan pembelajaran agar mudah dipelajari oleh siswa dalam proses pembelajaran
c. Menyusun rancangan kunjungan ke kebun binatang untuk menyelesaikan projek pembelajaran sains
d. Menyusun daftar mata pelajaran yang harus dipelajari oleh siswa selama menempuh pembelajaran di kelas
e. Menyusun modul pembelajaran yang memuat aktivitas belajar siswa
c. Menyusun rancangan kunjungan ke kebun binatang untuk menyelesaikan projek pembelajaran sains

Semoga bermanfaat dan Sukses Selalu.. 

Download pdf DISINI

3 komentar:

Ebi Setiawan mengatakan...

Terimakasih pak Ardi.

Sri handayani mengatakan...

Terima kasih pak ardi, semoga pak ardi sehat selalu....

Rini aswita mengatakan...

Terimakasih Pak

Posting Komentar

TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANNYA