Berikut ini adalah beberapa soal Kepribadian Guru Bagian 1, Selamat mengerjakan ...
1. Teman – teman menilai saya sebagai orang yang dalam berhubungan dengan orang lain ....
a. Cepat berubah pikiranb. Membutuhkan waktu lama untuk mengenal secara dekat dengan orang lainc. Selalu memberi masukan secara langsung saat ada perilaku orang lain yang kurang sesuaid. Suka memberi masukan secara langsung saat ada perilaku orang lain yang kurang sesuaie. Mudah menyesuaikan diri serta mampu menjelaskan dengan rinci bilamana ada perbedaan
2. Kemampuan untuk menciptakan, memiliki daya cipta atau mampu menciptakan sesuatu yang baru baik berupa gagasan maupun alat yang relatif berbeda dengan apa yang telah ada sebelumnya dalam pembelajaran merupakan sikap kreatif guru ketika menyampaikan ilmu kepada siswa. Model yang sesuai dengan sikap kreatif memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar IPS SD adalah ....
a. Problem based learningb. Contextual Teaching Learningc. Project based learningd. Open inquirye. Cooperative learning
3. Anda memiliki beban mengajar yang tinggi dalam seminggu. Disamping itu, Anda menjadi salah seorang pengurus inti koperasi sekolah untuk kesejahteraan warga sekolah. Apa yang Anda lakukan?
a. Saya berbagi tugas dengan pengurus inti lainnya dalam mengelola koperasi, sehingga tidak mengganggu tugas mengajarb. Saya mengutamakan tugas mengajar, dengan sedikit mengabaikan tugas sebagai pengurus koperasi sekolahc. Saya melaksanakan tugas mengajar yang diselingi dengan melaksanakan tugas-tugas pengurus koperasi sekolahd. Saya berusaha menolak penugasan koperasi sekolah karena bisa mengganggu tugas mengajare. Saya mengutamakan tugas pengurus koperasi sekolah, walaupun tugas mengajar kurang terlaksana
4. Seorang siswa bercerita kepada guru, kalau dia merasa ditipu oleh temannya yang sudah menjanjikan kalau akan mengajari matematika sebagai persiapan ujian tengah semester. Tapi pada hari yang telah disepakati temannya tidak datang dengan alasan ada urusan mendadak. Siswa tersebut merasa kecewa karena temannya tidak menepati janji, hingga nilainya menjadi jelek. Walaupun sebelumnya keduanya bersahabat, saat ini mereka tidak saling bertegur sapa. Jika seandainya Anda adalah mendapat cerita tersebut, apa yang Anda lakukan?
a. Memberitahukan pada salah satu pihak bahwa temannya tidak membantu karena perihal yang penting. Selain itu urusan belajar merupakan urusan masing-masingb. Memanggil keduanya, serta memberikan nasehat-nasehat agar keduanya bersahabat dan saling membantuc. Memberitahukan pada salah satu pihak bahwa, karena tidak jadi membantu temannya, temannya mendapat nilai jelek serta mendorongnya untuk meminta maafd. Memfasilitasi pertemuan diantara keduanya untuk membangun saling kesepahaman mengenai masalah tersebut dan jalan penyelesaiannyae. Cukup didengarkan saja keluhan itu dengan baik, dan menyarankan untuk dapat diselesaikan secara mandiri
5. Sebagai seorang ketua kelompok kerja guru, ketika membagi tugas kelompok saya akan ....
a. Membagi tugas berdasarkan pengalaman yang dimiliki teman – temanb. Membagi tugas dengan sama rata untuk semua temanc. Memberikan kebebasan pada anggota untuk memilih bagian mana yang sanggup untuk dikerjakand. Mengerjakan tugas yang sulit terlebih dahulu bersama-sama, baru membagi kelompok sesuai dengan strategi saya sebagai ketua agar pekerjaan selesaie. Membagi tugas dengan memperhatikan minat dan kompetensi setiap anggota sehingga dapat melaksanakan tugas dengan baik
6. Para siswa berasal dari berbagai latar belakang yang berbeda mencakup budaya, nilai–nilai, tingkat ekonomi, maupun tingkat pendidikan orang tua. Terhadap berbagai perbedaan itu, sikap guru sebaiknya adalah ....
a. Mengelompokkan siswa sesuai dengan kondisi latar belakang yang samab. Menampilkan sikap yang wajar terhadap perbedaan-perbedaaan pemikiran, sikap, dan perilaku anak didiknyac. Berpandangan bahwa segala perbedaan merupakan fakta yang tidak dapat dihindarid. Mengurangi perbedaan-perbedaan itu dan mengutamakan keseragamane. Peka terhadap perbedaan dan berperan menumbuhkan sikap saling menghargai antara siswa satu dengan lainnya
7. Terdapat peserta didik yang mengadu kepada guru, bahwa ia selalu melakukan tugas piket kebersihan kelas sendiri. Anggota yang lain tidak mau terlibat membersihkan kelas. Mereka memaksa dan mengancam jika melaporkan tersebut pada wali kelas. Sebagai guru yang mengetahui hal tersebut, apa yang akan Anda lakukan?
a. Memberikan hukuman kepada seluruh anggota piket kebersihan karena tidak dapat membangun kerjasama yang baik dalam tugas yang menjadi tanggung jawabb. Merekomendasikan guru BK untuk melakukan konseling kelompok untuk mengajarkan keterampilan bekerjasama dengan orang lain dalam suatu kelompokc. Memberikan teguran kepada siswa yang tidak mau terlibat dalam kegiatan piket kebersihan kelas agar siswa yang rajin tidak terpengaruh dan dia tidak mengulangi perbuatannyad. Guru melakukan evaluasi keterlibatan siswa terkait kegiatan piket kebersihan kelas serta menyampaikan hasilnya agar menjadi perhatian seluruh siswa untuk terlibat dalam tanggung jawab tersebute. Memfasilitasi pertemuan bersama agar terjadi komunikasi antar anggota kelompok piket kebersihan sehingga anggota menyadari tugas masing – masing ketika jadwal piket kebersihan kelas berlangsung
8. X adalah guru di salah satu SD favorit. X mempunyai seorang teman guru yang pernah menolongnya. Suatu ketika X mengetahui bahwa teman tersebut berbohong kepada beberapa wali murid yang dapat mencemarkan nama sekolah. Jika X melapor pada kepala sekolah, maka kasusnya akan ramai dan teman tersebut bisa mendapatkan sanksi. Namun bila tidak melapor, lambat laun nama sekolah akan tercemar dan banyak wali murid yang dirugikan. Terkait hal ini, menurut Anda yang sebaiknya dilakukan si X adalah ....
a. Diam saja, karena kalau melaporkan kepada kepala sekolah, baik si X maupun temannya akan mendapat masalahb. Mengingatkan temannya dengan mengatakan kalau melakukan lagi, maka ia akan melaporkan ke pihak sekolahc. Mengingatkan temannya untuk tidak mengulangi perbuatannya dan membantu mencari solusi atas masalah yang terjadid. Meminta temannya untuk mengaku kesalahan di depan kepala sekolahe. Mengajak dan menemani teman melapor pada kepala sekolah dan membantu mencari solusi
9. Seringkali seorang guru harus menjalankan tugas yang tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan dan keterampilan. Apa tanggapan Anda bila menerima tugas seperti ini?
a. Hanya akan bekerja bila sesuai dengan keterampilan sayab. Saya akan melaksanakan namun tidak menjamin hasil kerja sayac. Saya akan melaksanakan setelah menyampaikan pada pimpinan bahwa sebenarnya itu di luar bidang ilmu dan keterampilan sayad. Saya akan menjalankan sepenuhnya, sekalipun harus menguatkan hati untuk melaksanakannyae. Menjalankan tugas dan mengganggap sebagai kesempatan untuk belajar pada bidang yang belum pernah saya geluti
10. Di wilayah Anda mengajar ada komunitas GTT (Guru Tidak Tetap) yang terwadahi dalam PGRI. Melakukan penggalangan dana sukarela untuk berjuang ke Jakarta mengusulkan ke pemerintah agar diangkat sebagai PNS. Jika Anda adalah guru PNS yang telah menerima tunjangan profesi, apa yang akan Anda lakukan?
a. Mendukung sepenuhnya penggalangan dana itu dengan mengajak teman guru PNS lainnya untuk berpartisipasi dalam penggalangan danab. Memberi nasehat kepada teman guru GTT untuk tidak terlalu berambisi diangkat sebagai PNS karena pengangkatan PNS ada aturannyac. Menaruh simpati terhadap upaya penggalangan dana itu meskipun tidak harus memberikan kontribusi dalam bentuk uangd. Berpartisipasi aktif dalam penggalangan dana itu agar memperoleh dana yang cukup dan mampu membayar perwakilan GTT ke Jakartae. Mengusulkan kepada pengurus PGRI daerah agar membayar perwakilan GTT untuk pergi ke Jakarta menyampaikan aspirasinya
11. Anda memiliki tetangga yang anaknya tidak didaftarkan ke sekolah meskipun sudah memasuki usia sekolah, karena anak tersebut adalah anak berkebutuhan khusus (ABK). Sebagai tetangga yang berprofesi sebagai guru, apa yang Anda lakukan?
a. Menjelaskan kepada orang tuanya bahwa ABK juga memiliki hak untuk sekolah dan terdapat banyak sekolah yang mau menerima ABK sebagai siswanyab. Menyarankan kepada orangtuanya agar menyekolahkan anaknya di sekolah luar biasa (SLB) agar tidak melanggar hak asasi manusiac. Meminta aparat desa untuk mendatangi orang tua tersebut agar mau menyekolahkan ananknya yang menyandang ABKd. Meminta guru SLB atau guru pendamping khusus untuk mendatangi dan meyakinkan orang tua tersebut agar mau menyekolahkan anaknyae. Meminta aparat dinas pendidikan untuk mendatangi orang tua tersebut agar mau menyekolahkan anaknya yang menyandang ABK
12. Seorang siswa kedapatan membawa handphone ke sekolah. Padahal sekolah sebenarnya sudah memberikan tulisan peringatan serta aturan untuk tidak membawa handphone ke sekolah. Sebagai guru yang berkewajiban memberikan pendidikan, bagaimana Anda menganggapi permasalahan tersebut?
a. Memanggil siswa dan menasehatinya agar ia tidak membawa handphone ketika di lingkungan sekolah karena akan mengganggu konsentrasi belajarnyab. Apabila mengetahui siswa yang membawa handphone segera menyampaikan hal ini pada wali kelas serta guru bimbingan dan konseling untuk memperoleh penanganan lebih lanjutc. Saya akan lebih aktif dalam mencegah agar siswa tidak membawa handphone ketika di sekolah dengan cara melakukan pemeriksaan sebelum bel masuk kelas dan menyita hp untuk sementara waktud. Saya menemui siswa tersebut yang membawa handphone saat di sekolah maupun di kelas serta memberikan teguran langsung dengan harapan tidak mengulangi pelanggaran tersebute. Merampas handphone dan memanggil orang tua siswa tersebut agar ikut mengingatkan anaknya jangan samapai membawa handphone ke sekolah
13. Salah satu tugas guru piket adalah membuat surat keterangan pemberian poin pelanggaran bagi guru, karyawan, dan siswa yang dapat terlambat. Poin pelanggaran tersebut pada jumlah tertentu akan diberi sanksi sesuai kesepakatan. Ketika Anda menjadi guru piket ada seorang guru dan anaknya (kebetulan anak tersebut sekolah di sekolah Anda) datang terlambat 30 menit. Sesuai aturan datang terlambat 30 menit harus diberi poin pelanggaran sebanyak 30 poin. Tiba – tiba teman Anda yang terlambat tersebut meminta kepada Anda agar dia dan anaknya tidak dibuatkan surat keterangan poin pelanggaran karena alasan ban motor pecah. Apa yang akan Anda lakukan?
a. Memenuhi permintaan teman Anda karena alasannnya masuk akal tetapi Anda laporkan kasus tersebut kepada kepala sekolahb. Tetap membuat surat keterangan poin pelanggaran sesuai aturan, tetapi hanya untuk anaknya dan dilaporkan kepada kepala sekolahc. Tetap membuat surat keterangan poin pelanggaran baik kepada teman Anda dan juga anaknya meskipun jumlah poin dikurangid. Tetap membuat surat keterangan poin pelanggaran baik kepada teman Anda dan juga anaknya sesuai aturane. Tetap membuat surat keterangan poin pelanggaran kepada keduanya dan melaporkan kepada kepala sekolah atas kasus ini
14. Guru banyak menggunakan ceramah dalam kegiatan pembelajaran karena tidak tersedia media dan sumber belajar. Kondisi tersebut mengakibatkan prestasi belajar siswa rendah. Menghadapi situasi tersebut, bagaimana cara Anda menyelesaikannya?
a. Saya memanfaatkan alam sekitar sekolah sebagai media dan sumber belajar untuk mengaktifkan kegiatan belajar siswab. Siswa menugaskan siswa membuat media dan sumber belajar yang menunjang topik pembelajaran sehingga mereka lebih aktif di kelasc. Saya bekerja sama dengan orang tua/ wali murid untuk memberikan sumbangan dalam pengadaan media dan sumber belajard. Saya meminta siswa untuk belajar di kelas dengan tenang dan memperhatikan penjelasan guru dengan baik agar berprestasie. Saya mengemukakan persoalan tersebut kepada beberapa guru dan tetap mengajar seperti biasanya
15. Seorang anak berminat pada kelompok peminataan bidang ilmu pengetahuan sosial ketika memilih studi lanjut ke SMA. Namun orang tua bersikukuh agar anaknya memilih peminatan pada bidang ilmu pengetahuan alam. Orang tua menginginkan anaknya menjadi dokter agar masa depannya terjamin. Menurut si anak, ia merasa tidak mampu jika studi lanjut di kedokteran, dan kurang meminati mata pelajaran ilmu biologi, matematika serta fisika, kimia. Sebagai wali kelas apa yang Anda lakukan?
a. Menasehati si anak untuk patuh pada orang tua yang telah memilihkan masa depan yang baik karena tidak ada orang tua yang berniat menjerumuskan anaknyab. Bersama guru BK, Anda sebagai wali kelas akan memfasilitasi pertemuan antara orang tua dengan siswa. Anda akan mendiskusikan bersama – sama dengan menggunakan data- data sebagai dasar keputusan obyektifc. Melakukan kunjungan rumah dengan membawa data prestasi si anak sebagai bahan diskusi dengan agar orang tua memahami potensi anaknyad. Menyarankan kepada si anak, untuk menyampaikan pada orang tua bahwa dirinya tidak berminat dan merasa tidak mampu kuliah pada jurusan kedokterane. Memberikan saran kepada orang tua dan si anak untuk mengenali secara objektif kemampuannya dengan konsultasi pada psikolog untuk memilih bidang peminataan yang sesuai
16. Ketika Anda tahu ada siswa berbeda agama tidak dapat mengikuti pelajaran tambahan yang dianggap sangat penting karena menyiapkan kegiatan ritual keagamannya, maka yang sebaiknya Anda lakukan ....
a. Tetap meminta siswa tersebut mengikuti pelajaran tambahanb. Memberi nasehat kepada siswa tersebut untu mengganti jadwal ritual keagamaannyac. Menyerahkan keputusannya kepada siswad. Memberi nasehat bahwa pelajaran tambahan itu penting dan menyerahkan keputusannya kepada siswa tersebut apakah akan mengikuti atau tidake. Membolehkan siswa tersebut tidak mengikuti pelajaran tambahan dan memberi kesempatan untuk bertanya atau mengikuti jadwal kelas yang lain
17. Dalam pelajaran menuju sekolah, pola pemberhentian di perempatan Anda melihat siswa SMA pengendara motor berhenti melewati guru marka jalan. Anda akan melakukan apa?
a. Menegur dengan tegas agar siswa tersebut tidak melampaui garis marka jalan demi keselamatannyab. Menjelaskan di depan kelas tentang kasus yang Anda alami agar siswa Anda tidak melakukan pelanggaran lalu lintasc. Menegur dengan santun agar siswa tersebut tidak melampaui garis marka jalan demi keselamatannyad. Berteriak dengan keras agar siswa tersebut tidak melampaui garis marka jalan demi keselamatannyae. Memotret kejadian itu dan menyampaikan pelanggaran itu kepada para siswa di sekolah agar tidak melakukan hal seperti itu
18. Suatu ketika Anda menjadi tuan rumah dalam acara rutin pertemuan warga RT. semua warga RT diundang untuk acara pertemuan rutin setiap bulan. Tamu pertama yang datang ke rumah Anda adalah seorang warga paling miskin di RT. apa yang akan Anda lakukan?
a. Menyalami tamu pertama dan menggandengnya dengan penuh respek untuk duduk di kursi yang telah disediakanb. Membiarkan tamu pertama itu mencari tempat duduk sendiri karena tamu lain juga Anda perlakukan seperti ituc. Meminta tamu pertama untuk duduk di kursi deretan paling depan untuk menghargai tamu yang datang paling awald. Sembari menunggu tamu lainnya Anda menemani tamu tersebut sambil ngobrol tentang hal – hal ringane. Mengajak tamu tersebut ke belakang dan menawarinya untuk makan, setelah itu meminta bantuan untuk menyiapkan makanan dan minuman
19. Ada siswa yang kurang bergairah belajar di kelas Anda. Terkait dengan hal ini, tindakan yang Anda lakukan sebagai guru adalah ....
a. Membiarkan saja karena sangat mungkin siswa tersebut tidak berminat pada mata pelajaranb. Mengingatkan namun bila tidak ada kemajuan abaikan saja, dan fokus pada siswa-siswa lain yang menunjukkan kemajuanc. Membangkitkan semangat siswa itu untuk walaupun kemajuannya sedikitd. Menggunakan berbagai cara untuk belajar, membangkitkan semangat belajarnyae. Memahami kondisi siswa tersebut, berusaha terus menemukan cara membangkitkan semangat belajarnya
20. Bayangkan suatu ketika Anda sedang berjalan bersama dengan anak Anda. Tiba – tiba ada orang memaki Anda secara tidak sopan, padahal Anda merasa tidak berbuat salah. Apa yang akan Anda lakukan?
a. Membalas makian orang itu agar anak melihat Anda Kunci Jawabann orang tua yang lemah dan mengajarkan pertahanan dirib. Menarik orang itu sambil membentaknya agar anak melihat bagaimana caranya membalas perlakuan orang yang tidak benarc. Memberi pelajaran orang itu dengan membentaknya untuk menunjukkan pada anak bagaimana caranya menjaga harga dirid. Mendiamkan orang itu dan segera menyingkir dari tempat agar anak belajar bagaimana caranya menghindari keributane. Mengajak bicara baik – baik dan tegas agar anak melihat bagaimana caranya berkomunikasi dalam kondisi sengketa
21. Bagaimana sikap Anda terhadap guru yang melaksanakan pembelajaran dengan model ancaman dan pemaksaan kepada perserta didik agar berprestasi unggul?
a. Sangat tidak setuju terhadap tindakan guru tersebut dalam rangka meningkatkan prestasi unggul siswab. Tidak setuju terhadap model tersebut yang digunakan oleh guru dalam meningkatkan prestasi unggul siswac. Cukup setuju dengan tindakan yang dilakukan guru tersebut untuk meningkatkan prestasi unggul siswad. Setuju dengan kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan guru bagi peningkatan prestasi belajar unggul siswae. Sangat setuju dengan tindakan guru tersebut dalam membantu peningkatan prestasi unggul siswa
22. Karena terbiasa bekerja cepat dan teratur, Anda sering memiliki sisa waktu setelah mengajar. Anda melihat ada teman yang sedang kerepotan mengerjakan sesuatu yang harus segera diselesaikannya. Tindakan yang mencerminkan diri Anda adalah ....
a. Kalau diminta untuk membantu, maka saya tidak bersedia karena khawatir salahb. Mengerjakan kewajiban Anda yang lain agar tidak diminta membantu menyelesaikan pekerjaannyac. Meminta teman itu untuk istirahat, dan menggantikan dia untuk menyelesaikan pekerjaannyad. Memahami kesulitan teman itu, dan siap membantu ketika teman itu meminta bantuan sayae. Segera menawarkan bantuan untuk menyelesaikan pekerjaan itu karena ia memang perlu bantuan
23. Saya adalah orang yang menunjang tinggi apa yang telah menjadi prinsip yang saya katakan. Seandainya saya menerima sebuah tugas yang tidak sesuai dengan prinsip saya. Hal yang saya lakukan adalah ....
a. Menyalurkan pikiran dan perasaan negatif pada sasaran lainb. Memendam perasaan negatif yang muncul agar tidak mengganggu pelaksanaan tugasc. Mengalihkan perasaan, pikiran, dan perhatian pada hal lain yang bermanfaatd. Mengungkapkan pikiran dan perasaan pada orang terdekat yang ada di lingkungan kerjae. Mengungkapkan dan mendiskusikan pikiran dan perasaan itu dengan pimpinan
24. Saat masih pendidikan dulu, daya pernah mendapatkan tugas yang cukup banyak dari dosen dan waktu pengumpulannya bersamaan. Hal yang saya lakukan saat itu adalah ....
a. Meminta dosen untuk memberikan tenggang waktu pada sebagian tugasb. Mengerjakan tugas yang penting dahulu, lainnya dikerjakan nanti kalau ada waktuc. Meminta bantuan teman untuk mengerjakan sebagian tugas dan sebagian tugas dikerjakan sendirid. Mengerjakan sesuai kemampuan yang penting mengumpulkannyae. Mengatur waktu agar semua tugas dapat diselesaikan dengan tuntas
25. Anda ditugaskan di sekolah kurang maju yang ditandai oleh kegiatan belajar mengajar tidak optimal, media dan sumber belajar yang minim. Serta kemandirian belajar siswa yang rendah. Apa upaya Anda untuk menghadapi keadaan tersebut?
a. Saya berusaha sekuat tenaga dan pikiran untuk menemukan cara-cara baru memajukan sekolahb. Saya mengusulkan kepala dinas pendidikan agar mengutamakan program peningkatan kemajuan sekolahc. Saya meminta kepala sekolah dan para guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolahd. Saya mengajak partisipasi komite sekolah untuk pengadaan media dan sumber belajar yang diperlukan sekolahe. Saya menerima keadaan sekolah sebagaimana adanya dan melaksankan tugas mengajar sebagaimana besarnya
Semoga bermanfaat dan Sukses Selalu..
14 komentar:
Terimakasih pak ardi
Terimakasih pak
Ebi Setiawan & Aisyah Fitri : Terimakasih atas kunjungannya..
Terimakasih ilmunya pak..
Terima kasih banyak Pak, semoga Allah melimpahkan kesehatan untuk Bapak dan keluarga. Aamiin.
Terimakasih pak ardy,
Terimakasih banyak pak ardi
terima kasih pak ardi.. sangat beermanfaat...
Mantap pa
Terimakasih pak Ardi.. Baarokalloh..
Terimakasih pak Ardi
Semoga berkah buat pak Ardi sekeluarga
terima kasih pak
terima kasih pak. semoga ilmunya barokah dunia akhirat
terimakasih banyak pak atas ilmunya, semoga barokah, aamiin
Posting Komentar