ARDI KUSNADI

Jumat, 25 Juni 2021

PEDAGOGIK MTK BAGIAN 3



Berikut ini adalah beberapa soal pedagogik MTK Bagian 3, Selamat mengerjakan ...

1. Diketahui tujuan sebuah pembelajaran ialah melalui penugasan kelompok diharapkan siswa dapat menemukan volume kerucut. Media pembelajaran yang tepat untuk digunakan dalam pembelajaran tersebut adalah ....
a. Kartu masalah yang berisi permasalahan yang berkaitan dengan volum kerucut
b. Tayangan powerpoint yang berisi rumus volum kerucut dan soal-soal
c. Alat peraga berbentuk kerucut, bola dan pasir
d. Alat peraga berbentuk kerucut, tabung dan pasir
e. Alat peraga yang berbentuk kerucut, balok dan pasir
d. Alat peraga berbentuk kerucut, tabung dan pasir

2. Diketahui suatu tujuan pembelajaran ialah melalui penugasan kelompok diharapkan siswa dapat menemukan luas daerah segitiga. Media pembelajaran yang tepat untuk digunakan dalam pembelajaran tersebut ialah ....
a. Bermacam-macam segitiga dari kertas dan satuan luas dari transparansi
b. Tayangan powerpoint yang berisi rumus luas daerah segitiga dan soal-soal
c. Alat peraga dari karton berbentuk layang-layang
d. Alat peraga dari karton berbentuk trapesium
e. Alat peraga dari karton berbentuk persegi panjang
e. Alat peraga dari karton berbentuk persegi panjang

3. Diketahui tujuan sebuah pembelajaran ialah melalui penugasan kelompok diharapkan siswa dapat menemukan luas lingkaran. Media pembelajaran yang kurang tepat untuk digunakan dalam pembelajaran tersebut adalah ....
a. Memotong lingkaran menjadi beberapa juring yang berukuran sama kemudian disusun menjadi persegi panjang
b. Memotong lingkaran menjadi beberapa juring yang berukuran sama kemudian disusun menjadi segitiga
c. Memotong lingkaran menjadi beberapa juring yang berukuran sama kemudian disusun menjadi trapesium
d. Memotong lingkaran menjadi beberapa juring yang berukuran sama kemudian disusun menjadi jajar genjang
e. Memotong lingkaran menjadi beberapa juring yang berukuran sama kemudian disusun menjadi layang-layang
e. Memotong lingkaran menjadi beberapa juring yang berukuran sama kemudian disusun menjadi layang-layang

4. Pada saat memberikan kesempatan pada siswa untuk menanggapi pendapat siswa lain, maka tindakan guru yang paling tepat adalah ....
a. Menyuruh siswa berpendapat sesuai keinginan
b. Meminta siswa lain untuk memperhatikan temannya yang berpendapat
c. Memperhatikan pendapat yang diungkapkan
d. Memberikan arahan jika pendapatnya kurang benar
e. Menyuruh siswa yang lain untuk berpendapat juga
b. Meminta siswa lain untuk memperhatikan temannya yang berpendapat

5. Pada saat pembelajaran kooperatif berlangsung untuk memberikan kesempatan pada siswa untuk menangapi pendapat siswa lain, maka tindakan guru yang paling tepat adalah ....
a. Meminta siswa untuk bertanya dan diberi reward
b. Menerapkan pembelajaran NHT sehingga semua siswa siap untuk memberikan tanggapan
c. Tidak menyetujui pendapat yang diungkapkan dengan memberikan alasan
d. Memberikan arahan jika ada pendapat kurang benar
e. Menerapkan pembelajaran berbasis masalah sehingga semua siswa dapat mengajukan permasalahan dan yang lain menanggapi
b. Menerapkan pembelajaran NHT sehingga semua siswa siap untuk memberikan tanggapan

6. Pada saat terjadi diskusi kelompok, untuk memberikan kesempatan pada siswa untuk menanggapi pendapat siswa lain, maka tindakan guru yang paling tepat adalah ....
a. Menerapkan pembelajaran jigsaw sehingga semua siswa dalam kelompok itu siap untuk memberikan tanggapan
b. Meminta siswa secara bergiliran untuk bertanya dan memberi tanggapan
c. Untuk menyetujui pendapat yang diungkapkan teman lain, siswa harus memberikan alasan yang tepat
d. Memberikan contoh cara memeberi tanggapan jika ada pendapat kurang benar
e. Menerapkan pembelajaran berbasis proyek sehingga semua siswa dapat mengajukan permasalahan dan yang lain menanggapi
A. Menerapkan pembelajaran jigsaw sehingga semua siswa dalam kelompok itu siap untuk memberikan tanggapan

7. Ketika kegiatan tanya jawab di kelas, beberapa siswa di kelas Bu Nurul mengidentifikasi bahwa jajargenjang merupakan anggota dari himpunan trapesium. Langkah awal yang paling tepat dilakukan Bu Nurul untuk merespon hal ini adalah ....
a. Bertanya kepada siswa apa syarat keangotaan suatu himpunan
b. Bertanya kepada siswa mengapa bukan trapesium yang merupakan anggota himpunan jajargenjang
c. Bertanya kepada siswa apa pengertian jajargenjang dan apa pengertian trapesium
d. Memberi tugas kepada siswa menggambar jajargenjang dan menggambar trapesium
e. Memberi tugas kepada siswa menuliskan ciri ciri jajargenjang dan trapesium
c. Bertanya kepada siswa apa pengertian jajargenjang dan apa pengertian trapesium

8. Ketika kegiatan tanya jawab di kelas, beberapa siswa di kelas Bu Hasti mengidentifikasi bahwa phi adalah bilangan rasional. Langkah awal yang paling tepat dilakukan Bu Hasti untuk merespon hal ini adalah ....
a. Bertanya kepada siswa berapa nilai phi
b. Bertanya kepada siswa apakah bilangan rasional sama dengan bilangan pecahan
c. Bertanya kepada siswa bilangan phi itu 22/7 atau 3,14 dan apa pengertian bilangan rasional
d. Memberi tugas kepada siswa menacari literatur yang membahas phi
e. Memberi tugas kepada siswa mencari literatur yang membahas bilangan rasional
c. Bertanya kepada siswa bilangan phi itu 22/7 atau 3,14 dan apa pengertian bilangan rasional

9. Ketika kegiatan tanya jawab di kelas, beberapa siswa di kelas Bu Nia mengidentifikasi bahwa himpunan bilangan Asli dan Himpunan bilangan Cacah adalah dua himpunan yang tidak ekuivalen. Langkah awal yang paling tepat dilakukan Bu Nia untuk merespon hal ini adalah ....
a. Bertanya kepada siswa apa syarat dua buah himpunan itu ekuivalen
b. Bertanya kepada siswa mengapa dua himpunan itu tidak ekuivalen
c. Bertanya kepada siswa berapa banyak anggota himpunan bilangan asli
d. Bertanya kepada siswa berapa banyak anggota himpunan bilangan cacah
e. Bertanya kepada siswa mana yang anggotanya lebih banyak
 a. Bertanya kepada siswa apa syarat dua buah himpunan itu ekuivalen

10. Pada saat siswa berdiskusi tentang volume suatu kubus, siswa banyak yang berbeda pendapat tentang satuan isi didapat dari hasil kali satuan panjang satuan lebar dansatuan tinggi. Setelah dianalisis kesalahan mereka dikarenakan berbeda dalam memahami konsep satuan isi sebagai akibat kesalahan dalam memahami konsep satuan luas. Tindakan yang sesuai untuk menangani perbedaan siswa dalam memahami konsep tersebut adalah ....
a. Siswa diminta mengingat kembali arti dari a × b, kemudian siswa juga diminta mengingat kembali apa arti dari luas suatu daerah
b. Siswa diminta menghafalkan satuan luas dan satuan isi
c. Siswa diminta mengamati alat peraga untuk mencari volume kubus
d. Siswa diminta berdiskusi tentang cara menentukan volume kubus
e. Guru menjelaskan bagaimana volume kubus itu dan memberi contoh dalam menyelesaikan soal sehingga siswa paham
a. Siswa diminta mengingat kembali arti dari a × b, kemudian siswa juga diminta mengingat kembali apa arti dari luas suatu daerah

11. Kegiatan-kegiatan pembelajaran berikut ini yang dapat memotivasi siswa untuk berprestasi sesuai dengan materi yang sedang dipelajari adalah ....
a. Memberikan reward bagi yang berprestasi
b. Menjelaskan cara belajar agar berprestasi
c. Memberikan hukuman bagi yang tidak berprestasi
d. Memberitahukan manfaat materi yang baru dipelajari 
e. Menjelaskan materi dan memberi contoh contoh soal yang banyak
d. Memberitahukan manfaat materi yang baru dipelajari 

12. Kegiatan-kegiatan pembelajaran berikut ini yang dapat memotivasi siswa untuk berprestasi sesuai dengan materi yang sedang dipelajari adalah ....
a. Siswa menguasai pengetahuan prasyarat untuk mempelajari materi yang sedang dipelajari
b. Menjelaskan cara mencari sumber belajar agar berprestasi
c. Memberikan informasi tentang bagaimana mempelajari materi itu
d. Memberitahukan peta konsep materi tersebut
e. Menjelaskan materi dan memberi contoh-contoh soal yang sering keluar di ujian
a. Siswa menguasai pengetahuan prasyarat untuk mempelajari materi yang sedang dipelajari

13. Kegiatan-kegiatan pembelajaran berikut ini yang dapat memotivasi siswa untuk berprestasi sesuai dengan materi yang sedang dipelajari adalah ....
a. Membuat bahan ajar yang menarik
b. Menjelaskan cara singkat mengerjakan soal
c. Memberikan drill soal-soal yang sering keluar ujian
d. Memberitahukan keterkaitan materi yang baru dipelajari dengan materi lain
e. Menjelaskan materi dan memberi contoh soal dan contoh pembahasan
d. Memberitahukan keterkaitan materi yang baru dipelajari dengan materi lain

14. Diketahui indikator: “Menyelesaikan soal yang terkait dengan relasi antar himpunan”. Soal yang cocok untuk mengukur ketercapaian indikator tersebut adalah ....
Diketahui A adalah himpunan bilangan Asli yang kurang dari 10. Himpunan B adalah himpunan bilangan Prima yang kurang dari 15. Tentukan A ∩ B.
b. Suatu kelas terdiri dari 16 siswa putri dan 10 siswa putra. Jika diketahui 20 siswa senang bermain bola volley dan 6 siswa senang berenang, 5 orang siswa senang bermain volley dan renang. Berapa banyaknya siswa yang tidak senang bermain volley maupun renang?
c. Diketahui A adalah himpunan bilangan riil yang lebih dari 1 dan kurang dari10. Himpunan B adalah himpunan empat bilangan bilangan Prima yang pertama. Tentukan A ⋃ B.
d. Suatu kelas terdiri dari 16 siswa putri dan 10 siswa putra. Jika diketahui 10 siswa senang bermain bola volley dan 15 siswa senang berenang, 5 orang siswa tidak senang bermain volley dan renang. Gambarkan diagram vennyang menggambarkan hubungan himpunan siswa yang senang dan juga tidak senang bermain volley maupun renang. 
e. Diketahui A adalah himpunan bilangan riil yang lebih dari 3 dan kurang dari 10. Tentukan banyaknya anggota A
d. Suatu kelas terdiri dari 16 siswa putri dan 10 siswa putra. Jika diketahui 10 siswa senang bermain bola volley dan 15 siswa senang berenang, 5 orang siswa tidak senang bermain volley dan renang. Gambarkan diagram vennyang menggambarkan hubungan himpunan siswa yang senang dan juga tidak senang bermain volley maupun renang. 

15. Dari soal-soal di bawah ini, manakah yang merupakan soal yang bermakna untuk mengukur penerapan konsep persegi panjang?
a. Mengapa persegi panjang adalah sebuah jajargenjang?
b. Apakah persegipanjang adalah persegi? 
c. Dari contoh-contoh bangun datar berikut manakah yang merupakan persegipanjang? Berikan alasan secukupnya.
d. Hitunglah keliling persegi panjang dengan panjang adalah 8cm dan lebar adalah 5 cm 
e. Apakah persegi panjang semua sudutnya 90°? Berikan alasan secukupnya
c. Dari contoh-contoh bangun datar berikut manakah yang merupakan persegipanjang? Berikan alasan secukupnya.

16. Dari soal-soal di bawah ini, manakah yang merupakan soal yang bermakna untuk mengukur pemahaman konsep fungsi?
a. Apakah operasi perkalian bilangan bulat merupakan suatu fungsi?
b. Apakah semua relasi merupakan suatu fungsi?
c. Dari contoh-contoh relasi berikut manakah yang merupakan fungsi? Berikan alasan secukupnya
d. Apakah setiap fungsi merupakan suatu relasi? 
e. Apa yang dinamkan daerah hasil suatu fungsi? Berikan alasan secukupnya
c. Dari contoh-contoh relasi berikut manakah yang merupakan fungsi? Berikan alasan secukupnya

17. Dalam sebuah pembelajaran tentang bentuk aljabar, 2a + 3b diilustrasikan oleh siswa sebagai jumlahan harga dua buah susu A dan tiga buah susu B. Siswa lain mengilustrasikan jumlahan harga dari susu A yang berada pada dua kardus kecil dan susu B yang berada pada tiga kardus kecil. Tindakan yang tepat yang dapat dilakukan oleh guru untuk menangani perbedaan pendapat siswa tersebut ialah ....
a. Menjelaskan bahwa kedua jawaban tersebut benar
b. Meminta siswa untuk melihat kembali tentang definisi variabel 
c. Meminta siswa untuk melihat kembali unsur dari bentuk aljabar
d. Memberikan soal lain agar siswa dapat mendapatkan pola 
e. Memberikan selamat bagi siswa yang menjawab dengan benar
b. Meminta siswa untuk melihat kembali tentang definisi variabel 

18. Diketahui bahwa Pada suatu segitiga siku-siku, kuadrat sisi miring sama dengan jumlah kuadrat sisi yang lain dalam segitiga tersebut.Soal yang paling cocok untuk mengukur penguasaan konsep tersebut adalah ....
a. Sebutkan 3 bilangan yang merupakan tripel phytagoras
b. Suatu segitiga ABC mempunyai sisi 12 cm, 13 cm, dan 15 cm. Apakah segitiga tersebut merupakan segitiga siku-siku? 
c. Suatu segitiga ABC mempunyai sisi a= 2 cm, b=3 cm, dan c=25 cm. Apakah c merupakan sisi miring segitiga tersebut?
d. Sebutkan rumus phytagoras 
e. Tuliskan teorema phytragoras
c. Suatu segitiga ABC mempunyai sisi a= 2 cm, b=3 cm, dan c=25 cm. Apakah c merupakan sisi miring segitiga tersebut?

19. Pada saat siswa diberi soal tentang masalah kombinasi, siswa banyak yang salah dalam menjawab soal tersebut. Setelah dianalisis kesalahan mereka dikarenakan salah dalam menerapkan rumus dan menganggap permasalahan yang diberikan adalah masalah permutasi. Tindakan yang sesuai untuk menangani kesalahan siswa dalam menjawab soal-soal tersebut adalah ....
a. Memperbanyak contoh-contoh soal yang menggunakan rumus kombinasi
b. Memberikan latihan masalah-masalah kontekstual tentang kombinasi
c. Memberikan latihan masalah masalah kontekstual yang dapat membedakan antara permutasi dan kombinasi
d. Membandingkan rumus permutasi dan kombinasi
e. Memperbanyak latihan soal menggunakan rumus kombinasi
c. Memberikan latihan masalah masalah kontekstual yang dapat membedakan antara permutasi dan kombinasi

20. Dalam sebuah kelas, mayoritas siswa kurang berani mengajukan pertanyaan ketika pembelajaran berlangsung sehingga siswa terlihat komunikasi hanya terjadi satu arah ketika proses pembelajaran. Diantara tujuan PTK berikut, yang sesuai dengan permasalahan ialah ....
a. Meningkatkan kemauan siswa untuk bertanya melalui pendekatan pembelajaran matematika realistik
b. Membandingkan keaktifan siswa sebelum dan sesudah penerapan pendekatan pembelajaran matematika realistik 
c. Mengembangkan perangkat pembelajaran dengan menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistik
d. Mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi keaktifan siswa dalam pembelajaran
e. Mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya prestasi belajar matematika
a. Meningkatkan kemauan siswa untuk bertanya melalui pendekatan pembelajaran matematika realistik

Semoga bermanfaat dan Sukses Selalu.. 

Download pdf DISINI

14 komentar:

Unknown mengatakan...

Alhamdulillah,makin mnambah wawasan menjelang UP. Terimakasih ilmunya pak...🙏

Kun Srihartati mengatakan...

Terima kasih semoga berkah. ingin juga buat blok secakep ini....menggunakan aplikasi apa pak?

Unknown mengatakan...

Terimakasih banyak pa Ardi

Ardi Kusnadi mengatakan...

Terimakasih kunjungannya bapak/ibu

Unknown mengatakan...

Terimakasih Pak Ardi

Unknown mengatakan...

sangat bermanfaat,terimakasih pak

Unknown mengatakan...

masya Allah... terimaksih banyak ya pak ardi.

semoga makin berkah dan barokah ya pak

Sri handayani mengatakan...

terima kasih pak, menambah pengetahuan, sangat bermanfaat

Ayu Fipta Hardi mengatakan...

Terima kasih pak ardi

Anita Situmorang mengatakan...

terimakasih banyak pak Ardi
sehat selalu

Matematika Itu Asik mengatakan...

Terimakasih pak ardi

Unknown mengatakan...

Terima kasih,menambah wawasan saya

Unknown mengatakan...

Terima kasih pak ardi

KARTIKA NATALIA mengatakan...

Terima kasih

Posting Komentar

TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANNYA