ARDI KUSNADI

Sabtu, 17 Juli 2021

PEDAGOGIK 5



Berikut ini adalah beberapa soal Pedagogik Guru Bagian 5, Selamat mengerjakan ...


1. Sebagai humanisasi pendidikan bukan berarti pembentukan manusia (peserta didik) oleh manusia lainnya (pendidik). Sebab asumsinya bahwa manusia atau peserta didik adalah ....
a. Pribadi yang berkembang dan berakal
b. Makhluk sosial yang dapat mempengaruhi satu sama lain
c. Manusia merupakan makhluk otonom
d. Makhluk religius yang diciptakan oleh Tuhan
e. Makhluk yang memiliki moral sehingga dapat membedakan baik dan buruk
c. Manusia merupakan makhluk otonom

2. Pendidikan harus dilakukan sesuai dengan tahap-tahap dan tugas perkembangan peserta didik. Oleh karenanya pendidikan dilaksanakan dengan mengacu pada landasan ....
a. Psikologi pendidikan
b. Ilmu pengetahuan dan Teknologi
c. Sosiologi pendidikan
d. Ekonomi pendidikan
e. Religi pendidikan
a. Psikologi pendidikan

3. Berikut ini implikasi landasan historis dalam proses pendidikan di Indonesia adalah .... 
a. Terdapat program Bantuan Operasional Sekolah untuk sekolah-sekolah negeri
b. Guru mengajarkan mata pelajaran bermuatan lokal sesuai dengan daerah tempat mengajarnya
c. Pembentukan komite sekolah sebagai bentuk kerjasama antar sekolah dengan masyarakat
d. Kurikulum pendidikan dikembangkan dengan memperhatikan psikologi perkembangan peserta didik
c. Pembentukan komite sekolah sebagai bentuk kerjasama antar sekolah dengan masyarakat

4. Salah satu tripusat pendidikan bagi anak adalah keluarga. Orang tua yang dalam kesehariannya rajin melaksanakan ibadah sesuai dengan waktu yang ditentukan. Pada hakekatnya menanamkan pada anak .... 
a. Hak dan kewajiban
b. Kedisiplinan dan tanggung jawab
c. Kejujuran dan Tenggang rasa
d. Kejujuran dan toleransi
e. Gotong royong dan tanggung jawab
b. Kedisiplinan dan tanggung jawab

5. Tujuan pendidikan Bangsa Indonesia yaitu pembentukan manusia yang ideal. Berikut ini implementasi sila ke 5 dalam pendidikan sebagai upaya pencapaian tujuan tersebut adalah .... 
a. Orang tua memberi contoh pada anak untuk tidak melakukan diskriminasi pada siapapun
b. Sekolah melakukan program kegiatan bakti sosial dengan melibatkan peserta didiknya
c. Guru mengarahkan peserta didik untuk taat terhadap Tuhan YME
d. Peserta didik diajarkan untuk mencintai dan mengkonsumsi produk dalam negeri
e. Pendidik mengikuti PPG untuk meningkatkan kreativitas dan profesionalitasnya
b. Sekolah melakukan program kegiatan bakti sosial dengan melibatkan peserta didiknya

6. Berikut ini contoh kegiatan yang tergolong ke dalam praktik pendidikan adalah .... 
a. Pak Budi sedang mencari ide untuk memotivasi peserta didiknya agar giat belajar
b. Ibu Ani sedang membaca buku psikologi pendidikan
c. Ibu Heni dan pak Didi sedang berdiskusi tentang pengertian pendidikan
d. Pak Hajar sedang mendownload file materi Pendidikan Pancasila
b. Ibu Ani sedang membaca buku psikologi pendidikan

7. Seorang guru mengajar di dalam kelas dengan metode ceramah sehingga proses pembelajaran lebih terpusat pada guru sedangkan siswa pasif karena hanya mendengarkan. Hal tersebut termasuk dalam proses pendidikan yang beraliran .... 
a. Esesnialisme
b. Rekonstuksionisme
c. Behavioristik
d. Humanisme
e. Perenialisme
c. Behavioristik

8. Sila pertama pancasila adalah keTuhanan YME oleh sebab itu pendidikan hendaknya bertujuan agar peserta didik beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME. Hal tersebut merupakan contoh ....
a. Landasan yuridis
b. Landasan historis
c. Landasan psikologis
d. Landasan religius
e. Landasan sosiologis
d. Landasan religius

9. Seorang pendidik perlu memahami landasan pendidikan. Salah satu manfaat mempelajari landasan pendidikan bagi pendidik adalah .... 
a. Memahami berbagai pasal-pasal dalam UUD dan peraturan yang berlaku di Indoensia terkait dengan pendidikan
b. Membantu pendidik dalam menentukan metode pembelajaran yang tepat digunakan dalam situasi tertentu di kelas
c. Memahami berbagai karakteristik peserta didik sehingga memandang peserta didik sebagai pribadi yang unik
d. Menumbuhkan sikap berpikir kritis pendidik terhadap perkembangan peserta didik
e. Meningkatkan perkembangan pola pikir dan pola kerja pendidik tentang bagaimana seharusnya melaksanakan praktek pendidikan
b. Membantu pendidik dalam menentukan metode pembelajaran yang tepat digunakan dalam situasi tertentu di kelas

10. Pengertian landasan dibagi dua yaitu landasan fisik dan konseptual. Berikut ini yang termasuk dalam landasan konseptual adalah ....
a. Desain bangunan
b. Kurikulum dan silabus
c. Kerangka Berpikir
d. Tujuan pendidikan
e. Pancasila dan UUD 1945
e. Pancasila dan UUD 1945

11. Peserta didik dalam suatu kelas gaya belajarnya beragam ada yang visual, auditori, dan kinestetik. Namun kegiatan pembelajaran selama ini masih banyak yang konvensional-klasikal. Agar dapat memenuhi ketiga gaya belajar tersebut, guru perlu: 
a. Menggunakan media audio, video, dan percobaan.
b. Menggunakan program audio dan modul.
c. Menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab.
d. Menggunakan modul dan powerpoint.
e. Menggunakan media komik pembelajaran dan buku paket.
a. Menggunakan media audio, video, dan percobaan.

12. Pak Aris merupakan guru kelas V SD ketika memberikan pembelajaran menyanyi/musik, memilih lagu-lagu dari asal daerah peserta didiknya. Tindakan guru tersebut karena memperhatikan karakteristik peserta didik terutama : 
a. Etnik
b. Status social
c. Minat
d. Gender
e. Kultural
e. Kultural

13. Pada saat pembelajaran berlangsung guru mengingatkan peserta didik yang kurang semangat dan kurang aktif dalam belajar. Tindakan guru tersebut berarti memperhatikan aspek: 
a. Kultural
b. Sosial
c. Status sosial
d. Motivasi
e. Etnik
d. Motivasi

14. Guru A ketika melakukan proses pembelajaran selalu menggunakan media, kadang memutar video pembelajaran, kadang memutar CD audio, kadang menggunakan poster berwarna, agar peserta didiknya memperhatikan dan tertarik terhadap apa yang dibahasnya serta senang mengikuti pelajarannya, sehingga hasilnya sangat baik. Pembelajaran dilakukan demikian karena pertimbangan:  
a. Etnik peserta didik
b. Gender peserta didik
c. Minat peserta didik
d. Gaya belajar peserta didik
e. Kultural peserta didik
c. Minat peserta didik

15. Pak Adit seorang guru SMP X, ketika melakukan proses pembelajaran menghadapi peserta didik yang berasal dari berbagai latar belakang kondisi keluarga, ada keluarga mampu, ada yang miskin, ada yang orang tuanya menjadi pejabat, ada yang sebagai buruh, dan pegawai swasta. Namun Pak Adit memberikan perhatian dan pelayanan yang sama kepada peserta didiknya. Hal ini sebenarnya Pak Adit memperhatikan karakteristik peserta didik terutama .....
a. Motivasi
b. Kultural
c. Etnik
d. Minat
e. Status sosial
e. Status sosial

16. Pada suatu proses pembelajaran yang kebetulan hari itu bertepatan dengan peringatan hari Sumpah Pemuda, guru sebelumnya telah menghimbau kepada peserta didik untuk mengenakan busana daerah masing-masing. Tindakan guru tersebut memperhatikan karakteristik peserta didik, terutama aspek:  
a. Minat
b. Moral
c. Motivasi
d. Status Sosial
e. Etnik
e. Etnik

17. Perkembangan kognitif peserta didik Sekolah Dasar berada pada taraf operasional kongkrit, sehingga mereka merasa kurang memahami materi pelajaran yang disampaikan gurunya secara verbal saja. Proses pembelajaran tersebut akan efektif jika disertai dengan menggunakan ....
a. Media gambar
b. Media grafis
c. Media poster
d. Media benda nyata
e. Media cetak
d. Media benda nyata

18. Perkembangan moral peserta didik/anak menurut Kohberg terdiri dari beberapa tahap. Tahap naively egoistic orientation, yaitu tahap dimana anak menilai baik-buruk berdasarkan .... 
a. Ketertiban sosial
b. Hati nurani
c. Akibat perbuatan
d. Persetujuan orang lain
e. Kontrak/imbal jasa
e. Kontrak/imbal jasa

19. Pak Anton ketika akan melakukan kegiatan pembelajaran dengan topik Tata Surya melakukan pre tes terlebih dahulu, dengan maksud ingin mengetahui pengetahuan dan keterampilan yang telah dimiliki peserta didiknya sebagai patokan untuk memulai pembahasan topik tersebut. Hal ini berarti Pak Anton memperhatikan karakteristik peserta didik dalam hal:
a. Perkembangan sosialnya
b. Kemampuan awalnya
c. Perkembangan motoriknya
d. Motivasi belajarnya
e. Perkembangan emosinya
b. Kemampuan awalnya

20. Pada suatu proses pembelajaran di Taman Kanak-Kanak peserta didik akan dikembangkan aspek motorik kasarnya, maka pendidik dapat menugaskan peserta didiknya untuk melakukan kegiatan .... 
a. Menjiplak huruf
b. Menendang bola
c. Memasang puzzle
d. Meronce membuat kalung
e. Mewarnai pola
b. Menendang bola

Semoga bermanfaat dan Sukses Selalu.. 

Download pdf DISINI

3 komentar:

Anita Situmorang mengatakan...

Terimakasih pak Ardi
Dengan adanya blok bpk bisa melatih saya literasi
Sehat selalu pak🙏🙏

Sri handayani mengatakan...

Terima kasih pak ardi, sangat bermanfaat bagi saya, semoga pak ardi sehat selalu, ditunggu postingan berikutnya.....

Rini aswita mengatakan...

Terimakasih Pak Ardi.. saya sangat terbantu dengan postingan bapak.

Posting Komentar

TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANNYA