1. Salah satu prinsip merancang remidial peserta didik tampak dalam kegiatan guru ....
a. Membuat rancangan pembelajaran khusus untuk peserta didik sebagai peserta remidialb. Menggunakan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dari rancangan pembelajaran awal.c. Menggunakan rancangan pembelajaran dengan memperhatikan hasil temuan analisis evaluasi belajar.d. Menjelaskan materi ulang secara utuh
e. Merancang tes ulang saja tanpa penjelasan materi
2. Kemampuan peserta didik untuk membina hubungan dan kemampuan memotivasi diri termasuk kecerdasan ....
a. Kognitifb. Sosialc. Morald. Emosionale. Sosial Emosional
3. Seorang guru mengajukan pertanyaan kepada siswa dengan tujuan agar siswa tersebut mengingat kembali materi pelajaran yang sudah dipelajari sebelumnya, hal tersebut termasuk kegiatan ....
a. Memberikan bimbinganb. Memberikan acuanc. Meningkatkan motivasid. Melaksanakan tes awale. Membuat kaitan
4. Pendapat yang menyatakan bahwa pengetahuan atau pengalaman yang baru dapat terkait dengan pengetahuan lama yang sudah ada di dalam struktur kognitif seseorang adalah teori belajar ....
a. Konstruktivismeb. Behaviorismec. Nativismed. Sibernatike. Kognitivisme
5. Ibu Adita dalam pembelajaran selalu memperhatikan perkembangan dan proses belajar siswa-siswinya bukan hasil semata. Sehingga pembelajaran yang dilakukan menjadi bermakna dan mudah dicerna. Ibu Adita berorientasi pada teori belajar ....
a. Kognitivismeb. Sibernatikc. Humanistikd. Behaviorismee. Konstruktivisme
6. Pengetahuan tentang istilah (Knowledge Terminology) termasuk dalam pengetahuan ....
a. Faktualb. Metakognitifc. Konseptuald. Prosedurale. Prinsipal
7. Cara-cara yang digunakan oleh pendidik untuk menyampaikan suatu materi pelajaran disebut ....
a. Prosedur pembelajaranb. Pendekatan pembelajaranc. Metode pembelajarand. Strategi pembelajarane. Model pembelajaran
8. Guru menyusun tujuan pembelajaran: Melalui pembelajaran kooperatif, siswa dengan benar dapat membuat jaring-jaring kerucut. Berdasarkan tujuan dan strategi pembelajaran tersebut mencerminkan ragam pengetahuan yang jenisnya ....
a. Keterampilanb. Konsepc. Prinsipd. Prosedure. Fakta
9. Diberikan rumusan tujuan pembelajaran: "Siswa secara mandiri dan benar dapat menyajikan data tunggal ke diagram lingkaran". Komponen yang kurang pada rumusan tujuan pembelajaran tersebut adalah ....
a. Audienceb. Behaviourc. Conditiond. Degreee. Effort
10. Empat aspek mendasar dari motivasi yang bisa dipertimbangkan para guru ketika merancangkan mata pelajaran, kecuali ....
a. Memperhatikan keberagaman minat dan bakat peserta didik dalam merancang mata pelajaranb. Mengembangkan mata pelajaran yang peserta didik anggap menarik dan berharga untuk diperhatikanc. Merancang mata pelajaran yg membangun ekspektasi peserta didik untuk sukses bedasarkan usaha sendirid. Memastikan bahwa pengajaran bermakna dan sesuai dengan kebutuhan dan tujuan belajar peserta didike. Menyertakan ganjaran instrinsik dan ekstrinsik yang peserta didik terima dari pembelajaran
11. Zona perkembangan proximal merupakan zona antara dua tahap perkembangan, yaitu ....
a. Aktual dan Potensialb. Konkret dan Formalc. Dimensional dan Vektoriald. Konkret dan Abstrake. Faktual dan Abstrak
12. Pada Discovery Learning, setelah data yang diperoleh peserta didik diolah, diacak, diklasifikasi, ditabulasi, bahkan dihitung dengan cara tertentu serta ditafsirkan dengan tingkat kepercayaan tertentu, maka dilanjutkan dengan ....
a. Generalisasib. Stimulasic. Pembuktiand. Pengumpulan Datae. Membuat Hipotesis
13. Pada kemampuan penalaran matematis, ada sekumpulan bilangan 1,3,6,10,15.... dan ini apabila disusun akan membentuk pola segitiga dan menemukan konsep rumus Uₙ = ½n(n+1). Pada tahap ini siswa melakukan jenis kemampuan penalaran ....
a. Barisanb. Deduktifc. Induktifd. Numbere. Analogi
14. Penarikan kesimpulan yaitu modus ponens, modus tollens, silogisme adalah bagaimana kemampuan penalaran matematis jenis penalaran ....
a. Deduktifb. Analogic. Sequenced. Numbere. Induktif
15. Tahapan-tahapan dalam polya digunakan dalam berdaya matematika untuk kemampuan ....
a. Penalaranb. Pemecahan Masalahc. Penalaran dan Pembuktiand. Pembuktiane. Pemahaman Konsep
16. Di bawah indikator menurut NCTM (2000) yaitu:
1) Memeriksa pola dan struktur untuk mendeteksi kebenaran
2) Merumuskan dugaan dari suatu persoalan
3) Mengevaluasi dugaan
4) Mengkonstruksi serta mengevaluasi argumen.
indikator kemampuan?
a. Pemecahan Masalahb. Metakognitifc. Berpikir kritisd. Berpikir kreatife. Penalaran
17. Di bawah ini indikator kemampuan matematis (Sriraman & Haavold, 2017)
1) Fluency
2) Flexibility
3) Novelty
Kemampuan matematis apakah yg berkaitan dengan indikator di atas ....
a. Kemampuan penalaran dan pembuktianb. Kemampuan berpikir kritisc. Kemampuan penalarand. Kemampuan berpikir kreatife. Kemampuan pemecahan masalah
18. Ada 4 level dalam pembelajaran kemampuan matematika ini yaitu :
1) Tacit
2) Aware
3) Strategic
4) Reflective
Kemampuan matematika seperti apa di dalam 4 komponen di atas ....
a. Metacognitiveb. Problem Solvingc. Representatifd. Conceptual Understandinge. Reasoning and Proof
19. Perhatikan komponen berikut :
1) Decomposition
2) Pattern Recognition
3) Abstraction
4) Alghoritms
4 komponen di atas termasuk dalam kemampuan matematis ....
a. Proof and Reasoningb. Reasoningc. Problem Solvingd. Metacognitife. Computational Thinking
20. Seorang peserta didik merasa kurang bersemangat pada jam usai pembelajaran. Dia bahkan lebih senang tinggal di sekolah sampai sore, petugas kebersihan sekolah sampai menyuruhnya pulang karena matahari hampir tenggelam. Peserta didik tersebut dicurigai memiliki hambatan pengembangan potensi berupa faktor ....
a. Keluarga dan lingkungan masyarakatb. Emosional dan kepribadianc. Budaya dan pembiasaand. Intelegensi dan kognitife. Sosial dan Keterampilan
21. Yang tidak termasuk dalam prosedur penilaian proses dan hasil belajar oleh pendidik adalah ....
a. Membuat instrumen penilaian serta pedoman penilaianb. Melaporkan hasil penilaianc. Menetapkan KKMd. Menyusun kisi-kisi penilaiane. Menetapkan tujuan penilaian dengan mengacu pada RPP yang telah dibuat
22. Pada saat memberikan kesempatan pada siswa untuk menanggapi pendapat siswa lain, maka tindakan guru yang paling tepat adalah ....
a. Meminta siswa lain memperhatikan penjelasan gurub. Membiarkan siswa berpendapat sesuai dengan keinginannyac. Memberikan arahan jika pendapatnya kurang benard. Memperhatikan pendapat yang diungkapkane. Meminta siswa lain untuk memperhatikan temannya yang berpendapat
23. Jenis model pembelajaran dalam kurikulum 2013 revisi 2017, yaitu ....
a. Discovery Learning, Inquiry Learning, Problem Based Learning dan Protect Based Learningb. Discussion Learning, Inquiry Learning, Problem Based Learning dan Project Based Learningc. Discovery Learning, Inquiry Learning, Problem Based Learning dan Project Based Learningd. Discovery Learning, Inquiry Learning, Process Based Learning dan Project Based Learninge. Discussion Learning, Inquiry Learning, Process Based Learning dan Project Based Learning
24. Guna mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai kompetensi dasar yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik, maka pendidik perlu menggunakan ....
a. Perencanaan pembelajaranb. Model pembelajaranc. Strategi pembelajarand. Sasaran pembelajarane. Metode pembelajaran
25. Suatu tahap dimana siswa meninjau kembali & meringkas apa yg telah dipelajari & guru membantu membuat sintesis dgn melengkapi survey secara global terhadap apa yg telah dipelajari siswa disebut tahap ....
a. Informasib. Orientasic. Integrasid. Eksplisitasie. Eksplorasi
Semoga bermanfaat dan Sukses Selalu..
10 komentar:
Terimaksih pak , sangat membantu
praktis dan sistematis. terima kasih
Nuhun Pak
sama-sama, semoga bermanfaat
Trimakasih pak ardi
Trimkasih pak ardi...
Terima kasih pak ardi.... sangat bermanfaat,,,
terimakasih pak.. sangat membantu
Terima kasih pak ardi🙏
Terima kasih pak Ardi..
Sangat bermanfaat untuk saya
Posting Komentar