ARDI KUSNADI

Minggu, 18 Juli 2021

PEDAGOGIK 7


Berikut ini adalah beberapa soal Pedagogik Guru Bagian 7, Selamat mengerjakan ...


1. Salah satu prinsip merancang remidial peserta didik tampak dalam kegiatan guru ....
a. Membuat rancangan pembelajaran khusus untuk peserta didik sebagai peserta remidial
b. Menggunakan pembelajaran baru yang berbeda sama sekali dari rancangan pembelajaran awal.
c. Menggunakan rancangan pembelajaran dengan memperhatikan hasil temuan analisis evaluasi belajar.
d. Menjelaskan materi ulang secara utuh 
e. Merancang tes ulang saja tanpa penjelasan materi 
c. Menggunakan rancangan pembelajaran dengan memperhatikan hasil temuan analisis evaluasi belajar.

2. Kemampuan peserta didik untuk membina hubungan dan kemampuan memotivasi diri termasuk kecerdasan .... 
a. Kognitif
b. Sosial
c. Moral
d. Emosional
e. Sosial Emosional 
d. Emosional

3. Seorang guru mengajukan pertanyaan kepada siswa dengan tujuan agar siswa tersebut mengingat kembali materi pelajaran yang sudah dipelajari sebelumnya, hal tersebut termasuk kegiatan ....
a. Memberikan bimbingan
b. Memberikan acuan
c. Meningkatkan motivasi
d. Melaksanakan tes awal
e. Membuat kaitan
e. Membuat kaitan

4. Pendapat yang menyatakan bahwa pengetahuan atau pengalaman yang baru dapat terkait dengan pengetahuan lama yang sudah ada di dalam struktur kognitif seseorang adalah teori belajar ....
a. Konstruktivisme
b. Behaviorisme
c. Nativisme
d. Sibernatik
e. Kognitivisme
e. Kognitivisme

5. Ibu Adita dalam pembelajaran selalu memperhatikan perkembangan dan proses belajar siswa-siswinya bukan hasil semata. Sehingga pembelajaran yang dilakukan menjadi bermakna dan mudah dicerna. Ibu Adita berorientasi pada teori belajar .... 
a. Kognitivisme
b. Sibernatik
c. Humanistik
d. Behaviorisme
e. Konstruktivisme
a. Kognitivisme

6. Pengetahuan tentang istilah (Knowledge Terminology) termasuk dalam pengetahuan ....
a. Faktual
b. Metakognitif
c. Konseptual
d. Prosedural
e. Prinsipal
a. Faktual

7. Cara-cara yang digunakan oleh pendidik untuk menyampaikan suatu materi pelajaran disebut .... 
a. Prosedur pembelajaran
b. Pendekatan pembelajaran
c. Metode pembelajaran
d. Strategi pembelajaran
e. Model pembelajaran
c. Metode pembelajaran

8. Guru menyusun tujuan pembelajaran: Melalui pembelajaran kooperatif, siswa dengan benar dapat membuat jaring-jaring kerucut. Berdasarkan tujuan dan strategi pembelajaran tersebut mencerminkan ragam pengetahuan yang jenisnya ....
a. Keterampilan
b. Konsep
c. Prinsip
d. Prosedur
e. Fakta
a. Keterampilan

9. Diberikan rumusan tujuan pembelajaran: "Siswa secara mandiri dan benar dapat menyajikan data tunggal ke diagram lingkaran". Komponen yang kurang pada rumusan tujuan pembelajaran tersebut adalah ....  
a. Audience
b. Behaviour
c. Condition
d. Degree
e. Effort
c. Condition

10. Empat aspek mendasar dari motivasi yang bisa dipertimbangkan para guru ketika merancangkan mata pelajaran, kecuali ....
a. Memperhatikan keberagaman minat dan bakat peserta didik dalam merancang mata pelajaran
b. Mengembangkan mata pelajaran yang peserta didik anggap menarik dan berharga untuk diperhatikan
c. Merancang mata pelajaran yg membangun ekspektasi peserta didik untuk sukses bedasarkan usaha sendiri
d. Memastikan bahwa pengajaran bermakna dan sesuai dengan kebutuhan dan tujuan belajar peserta didik
e. Menyertakan ganjaran instrinsik dan ekstrinsik yang peserta didik terima dari pembelajaran
a. Memperhatikan keberagaman minat dan bakat peserta didik dalam merancang mata pelajaran

11. Zona perkembangan proximal merupakan zona antara dua tahap perkembangan, yaitu ....
a. Aktual dan Potensial
b. Konkret dan Formal
c. Dimensional dan Vektorial
d. Konkret dan Abstrak
e. Faktual dan Abstrak
a. Aktual dan Potensial

12. Pada Discovery Learning, setelah data yang diperoleh peserta didik diolah, diacak, diklasifikasi, ditabulasi, bahkan dihitung dengan cara tertentu serta ditafsirkan dengan tingkat kepercayaan tertentu, maka dilanjutkan dengan ....
a. Generalisasi
b. Stimulasi
c. Pembuktian
d. Pengumpulan Data
e. Membuat Hipotesis
c. Pembuktian

13. Pada kemampuan penalaran matematis, ada sekumpulan bilangan 1,3,6,10,15.... dan ini apabila disusun akan membentuk pola segitiga dan menemukan konsep rumus Uâ‚™ = ½n(n+1). Pada tahap ini siswa melakukan jenis kemampuan penalaran ....  
a. Barisan
b. Deduktif
c. Induktif
d. Number
e. Analogi
c. Induktif

14. Penarikan kesimpulan yaitu modus ponens, modus tollens, silogisme adalah bagaimana kemampuan penalaran matematis jenis penalaran .... 
a. Deduktif
b. Analogi
c. Sequence
d. Number
e. Induktif
a. Deduktif

15. Tahapan-tahapan dalam polya digunakan dalam berdaya matematika untuk kemampuan ....
a. Penalaran
b. Pemecahan Masalah
c. Penalaran dan Pembuktian
d. Pembuktian
e. Pemahaman Konsep
b. Pemecahan Masalah

16. Di bawah indikator menurut NCTM (2000) yaitu: 
1) Memeriksa pola dan struktur untuk mendeteksi kebenaran
2) Merumuskan dugaan dari suatu persoalan
3) Mengevaluasi dugaan 
4) Mengkonstruksi serta mengevaluasi argumen. 
indikator kemampuan? 
a. Pemecahan Masalah
b. Metakognitif
c. Berpikir kritis
d. Berpikir kreatif
e. Penalaran
e. Penalaran

17. Di bawah ini indikator kemampuan matematis (Sriraman & Haavold, 2017)  
1) Fluency 
2) Flexibility 
3) Novelty 
Kemampuan matematis apakah yg berkaitan dengan indikator di atas .... 
a. Kemampuan penalaran dan pembuktian
b. Kemampuan berpikir kritis
c. Kemampuan penalaran
d. Kemampuan berpikir kreatif
e. Kemampuan pemecahan masalah 
d. Kemampuan berpikir kreatif

18. Ada 4 level dalam pembelajaran kemampuan matematika ini yaitu : 
1) Tacit
2) Aware
3) Strategic
4) Reflective 
Kemampuan matematika seperti apa di dalam 4 komponen di atas ....
a. Metacognitive
b. Problem Solving
c. Representatif
d. Conceptual Understanding
e. Reasoning and Proof
a. Metacognitive

19. Perhatikan komponen berikut :
1) Decomposition
2) Pattern Recognition
3) Abstraction
4) Alghoritms
4 komponen di atas termasuk dalam kemampuan matematis ....
a. Proof and Reasoning
b. Reasoning
c. Problem Solving
d. Metacognitif
e. Computational Thinking
e. Computational Thinking

20. Seorang peserta didik merasa kurang bersemangat pada jam usai pembelajaran. Dia bahkan lebih senang tinggal di sekolah sampai sore, petugas kebersihan sekolah sampai menyuruhnya pulang karena matahari hampir tenggelam. Peserta didik tersebut dicurigai memiliki hambatan pengembangan potensi berupa faktor .... 
a. Keluarga dan lingkungan masyarakat
b. Emosional dan kepribadian
c. Budaya dan pembiasaan
d. Intelegensi dan kognitif
e. Sosial dan Keterampilan
a. Keluarga dan lingkungan masyarakat

21. Yang tidak termasuk dalam prosedur penilaian proses dan hasil belajar oleh pendidik adalah .... 
a. Membuat instrumen penilaian serta pedoman penilaian
b. Melaporkan hasil penilaian
c. Menetapkan KKM
d. Menyusun kisi-kisi penilaian
e. Menetapkan tujuan penilaian dengan mengacu pada RPP yang telah dibuat
c. Menetapkan KKM

22. Pada saat memberikan kesempatan pada siswa untuk menanggapi pendapat siswa lain, maka tindakan guru yang paling tepat adalah .... 
a. Meminta siswa lain memperhatikan penjelasan guru
b. Membiarkan siswa berpendapat sesuai dengan keinginannya
c. Memberikan arahan jika pendapatnya kurang benar
d. Memperhatikan pendapat yang diungkapkan
e. Meminta siswa lain untuk memperhatikan temannya yang berpendapat
e. Meminta siswa lain untuk memperhatikan temannya yang berpendapat

23. Jenis model pembelajaran dalam kurikulum 2013 revisi 2017, yaitu .... 
a. Discovery Learning, Inquiry Learning, Problem Based Learning dan Protect Based Learning
b. Discussion Learning, Inquiry Learning, Problem Based Learning dan Project Based Learning
c. Discovery Learning, Inquiry Learning, Problem Based Learning dan Project Based Learning
d. Discovery Learning, Inquiry Learning, Process Based Learning dan Project Based Learning
e. Discussion Learning, Inquiry Learning, Process Based Learning dan Project Based Learning 
c. Discovery Learning, Inquiry Learning, Problem Based Learning dan Project Based Learning

24. Guna mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai kompetensi dasar yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik, maka pendidik perlu menggunakan .... 
a. Perencanaan pembelajaran
b. Model pembelajaran
c. Strategi pembelajaran
d. Sasaran pembelajaran
e. Metode pembelajaran
e. Metode pembelajaran

25. Suatu tahap dimana siswa meninjau kembali & meringkas apa yg telah dipelajari & guru membantu membuat sintesis dgn melengkapi survey secara global terhadap apa yg telah dipelajari siswa disebut tahap ....
a. Informasi
b. Orientasi
c. Integrasi
d. Eksplisitasi
e. Eksplorasi
c. Integrasi

Semoga bermanfaat dan Sukses Selalu.. 

Download pdf DISINI

8 komentar:

Unknown mengatakan...

Terimaksih pak , sangat membantu

frans andilemba tadanugi mengatakan...

praktis dan sistematis. terima kasih

mameth mengatakan...

Nuhun Pak

Ardi Kusnadi mengatakan...

sama-sama, semoga bermanfaat

Unknown mengatakan...

Trimakasih pak ardi

Unknown mengatakan...

Trimkasih pak ardi...

Sri handayani mengatakan...

Terima kasih pak ardi.... sangat bermanfaat,,,

Rini aswita mengatakan...

terimakasih pak.. sangat membantu

Posting Komentar

TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANNYA